Faktor Penyebab Terjadinya Kesenjangan Sosial

Loading...

ASTALOG.COM – Kesenjangan sosial merupakan sebuah ketidakseimbangan atau ketimpangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat, di mana kondisi tersebut akan menimbulkan sebuah perbedaan yang signifikan di antara anggota masyarakat. Kesenjangan sosial ditandai dengan adanya peluang dan manfaat yang tidak  sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari tidak samanya proporsi barang atau jasa, kekayaan, kesempatan, imbalan, dan hukuman yang didapatkan seseorang dengan seseorang lainnya. Kesenjangan ini juga memiliki pola yang terstruktur dan berulang.

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KESENJANGAN SOSIAL

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dalam masyarakat, antara lain:

1) Kemiskinan

Bisa dikatakan jika kemiskinan menjadi penyebab utamaterjadinya kesenjangan sosial dalam masyarakat. Banyak orang yang beranggapan bahwa kemiskinan adalah suatu takdir. Ada pula yang menganggap bahwa kemiskinan yang menimpa mereka adalah akibat karena malas, tidak kreatif, dan tidak memiliki etos kerja. Inti kemiskinan terletak pada kondisi yang disebut ‘perangkap kemiskinan‘, yang terdiri dari:

  • Kemiskinan itu sendiri
  • Kelemahan fisik
  • Keterasingan atau terisolir
  • Kerentaan
  • Ketidakberdayaan
BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Keselarasan Sosial?

2) Kurangnya Lapangan Kerja

Lapangan kerja juga turut memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perekonomian masyarakat, sedangkan perekonomian menjadi faktor terjadinya kesenjangan sosial. Kurangnya lapangan kerja di Indonesia menjadikan tingkat pengangguran yang sangat besar di Indonesia, sehingga pada akhirnya perekonomian masyarakat golongan menengah ke bawah semakin rapuh.

Salah satu karakteristik tenaga kerja di Indonesia adalah laju pertumbuhan tenaga kerja yang lebih tinggi dibanding laju pertumbuhan lapangan kerja. Kondisi ini berbanding terbalik dengan negara-negara di kawasan Eropa dan Amerika, dimana lapangan kerja masih berlebih.

3) Kurangnya Kesadaran Akan Pentingnya Pendidikan

Bisa dikatakan jika pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan saat ini karena dengan memiliki pendidikan tinggi yang disertai dengan kemampuan (skill) yang kuat maka hal itu bisa membantu dalam mewujudkan apa yang diinginkan, sehingga kemiskinan dan masalah pekerjaan bisa diatasi dengan kemampuan yang diperoleh melalui jalur pendidikan. Pada akhirnya ini bisa menjadi salah satu solusi dalam menghindari kemungkinan terjadinya kesenjangan sosial pada diri sendiri.

BACA JUGA:  Contoh Tanaman Hipogeal dan Epigeal

4) Pembangunan yang Belum Merata

Belum meratanya pembangunan juga bisa mempengaruhi terjadinya kesenjangan sosial dalam masyarakat. Hal ini disebabkan karena dengan adanya pembangunan, maka masyarakat bisa menjadi termotivasi dengan gaya hidup yang lebih baik. Namun sayangnya, pembangunan yang ada di Indonesia lebih berpusat pada wilayah perkotaan saja. Sementara itu di wilayah pedesaan, pembangunan berjalan lamban. Bahkan sarana dan prasarana yang bisa menunjang perekonomian seperti jalan raya dan jembatan saja sering diabaikan pembangunannya, padahal itu bisa menjadi salah satu pendukung kegiatan perekonomian. Jika ekonomi sudah baik maka hal itu bisa mengurangi tingkat kesenjangan sosial di masyarakat.