Profil Wirausaha yang Sukses di Bidang Bisnis Tanaman Hias

ASTALOG.COM – Profil wirausaha yang sukses di bidang tanaman hias bukan lagi hal yang sulit dicari. Hari ini, tidak sedikit wirausaha yang telah membuktikan diri sukses dan berhasil dalam bidang tanaman hias.

Ada yang memulai bisnis tanaman hias ini dari nol, dan adapula yang sukses di bisnis tanaman hias ini berbekal modal dari bisnis lain yang sudah ada sebelumnya.

Meski masih sering dipandang sebelah mata dan kadang masih dianggap sebagai bisnis kecil, usaha di bidang pengembangan tanaman hias ternyata mampu menyedot perhatian publik dan kini menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.

Bisnis tanaman hias memang cukup menggiurkan, khususnya untuk mereka yang tinggal di wilayah kota. Kebutuhan masyarakat akan ketersediaan tanaman hias untuk digunakan pada berbagai kegiatan semakin hari semakin meningkat.

Tanaman hias biasanya dimanfaatkan dalam kegiatan-kegiatan pesta pernikaha atau even-even yang melibatkan banyak orang. Selain itu, tanaman hias juga dibutuhkan untuk melengkapi keindahan taman-taman kota, ataupun taman-taman keluarga di rumah.

Nah, berikut kami sajikan profil wirausaha yang sukses di bidang tanaman hias, sebagaimana dikutip dari sini.

Mengenal Lebih Dekat Andariani, Pemilik Florist&Stones Surabaya

Sosoknya terlihat sederhana. Namun siapa sangka, wanita murah senyum ini adalah pengusaha tanaman hias sukses di kota Surabaya.

Biasanya, setiap pengusaha tanaman hias menyukai tanaman impor, karena dinilai cukup menguntungkan. Selain itu, tanaman impor lebih mudah dan praktis daripada memperbanyak sendiri.

Namun ternyata, tidak semua pengusaha bisa menerima produk impor, karena bisa mempengaruhi harga jual produk lokal.

Andariani, pemilik Florist&Stones Surabaya, salah satunya. Ia memilih untuk konsentrasi mengembangkan tanaman hias lokal daripada tanaman hias impor.

Alasannya, produk lokal mempunyai karaktersitik lebih bagus dari barang impor yang dikembangkan melalui kultur jaringan.

Wanita ini masuk ke bisnis tanaman hias dari hobi yang ditularkan oleh kedua orangtuannya sejak kecil. Dari kesukaannya pada tanaman hias itu, maka mulailah ia membuka usaha untuk mengkomersilkan tanaman hias koleksinya sejak dua tahun yang lalu. Hasilnya, tentu sudah pasti sangat menguntungkan. Apalagi sang suami yang dinikahinya sejak tahun 1997 cukup mendukung usahanya itu.

Di awal usahanya, wanita yang akrab dipanggil Anjar ini sebenarnya tak langsung mengkomersilkan tanaman hias. Ia mengawali usahanya dengan bisnis batu paras yang bisa dibentuk sesuai pesanan atau kreasi pemesannya, seperti untuk hiasan dinding, pot, dan air mancur. Ternyata dari bentuk pot yang bervariasi itu, ia berhasil mendominasi penjualan batu paras miliknya.

“Kalau ada satu barang yang laris, maka harus dipikirkan paduannya dan tanaman hias sangat cocok dengan pot,”imbuh Anjar.

Melihat kondisi yang ada, naluri bisnis Anjar langsung terbuka. Apalagi koleksi tanaman hias miliknya sendiri bisa dijadikan modal untuk memulai usaha tanaman hias. Awalnya, ia mengaku cukup sulit mengembangkan usahanya itu, sebab masih belum banyak yang mengenal produk dan lokasi yang dimilikinya.

Kamu tertarik dengan wirausaha sukses di bidang tanaman hias ini? Silahkan baca profil selengkapnya di sini.