Fungsi dan Macam Nilai Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

ASTALOG.COM – Jika dilihat dari segi bahasanya, nilai memiliki makna yang berarti kadar, mutu, atau sifat yang memiliki kegunaan sangat penting bagi kehidupan manusia.

Di sisi lain, nilai sosial merupakan asumsi atau petunjuk abstrak yang sering kali kurang disadari, bagian mana yang benar atau apa yang sebenarnya penting.

Dalam suatu masyarakat, nilai sosial yang dianut tentunya berbeda dengan yang dianut oleh masyarakat lain. Namun hal ini bukan berarti bahwa tidak ada nilai yang dianut oleh masyarakat secara umum. Beberapa nilai sosial yang dianut secara umum yaitu yang berkaitan dengan etika, serta nilai keagamaan.

CIRI-CIRI NILAI SOSIAL

Terdapat beberapa ciri yang menandakan suatu nilai sosial, ciri tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Nilai sosial dapat dikatakan suatu konstruksi masyarakat yang terbentuk akibat adanya interaksi yang terjadi diantara para anggota masyarakat.
  • Nilai sosial bukanlah sesuatu yang kita bawa sejak lahir, namun merupakan nilai yang terus menyebar dan disebarkan oleh masyarakat.
  • Nilai sosial dapat menjadi guru atau pembimbing setiap anggota masyarakat dalam hal memutuskan pilihan guna memenuhi kebutuhan sosial.
  • Nilai sosial dapat memberi pengaruh positif kepada masyarakat, termasuk dalam membanu membantu masyarakat supaya dapat menjalankan fungsinya dengan baik.
  • Nilai sosial umumnya dibentuk oleh suatu proses sosialisasi, dimana seseorang akan mendapatkan pelajaran dari segala pengalaman yang telah dilaluinya.
  • Nilai sosial memegang peranan besar dalam hal memberi pengaruh terhadap pengembangan diri sosial dalam masyarakat, entah itu positof ataukah negatif.
  • Nilai sosial mempunyai jenis pengaruh yang berbeda-beda, tergantung pada setiap individu dalam masyarakat.

FUNGSI NILAI SOSIAL

Selain ciri, ada pula fungsi tertentu yang secara umum dimiliki oleh nilai sosial, yaitu:

  • Dikategorikan sebagai alat untuk menetapkan tingkat derajat sosial seseorang atau sekelompok orang di dalam pergaulan masyarakat.
  • Nilai sosial mempunyai kegunaan sebagai media pengawas, nilai memiliki kekuatan besar yang dapat mempengaruhi bahkan menekan manusia agar dapat melakukan hal-hal yang lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Merupakan alat solidaritas yang menjadi pemersatu setiap anggota dalam kelompok masyarakat.
  • Membentuk suatu pola pikir serta perilaku dan tindakan yang dterjadi diantara anggota masyarakat.

MACAM-MACAM NILAI SOSIAL

Nilai sosial, umumnya dapat kita bagi menjadi dua, yaitu:

a. Nilai Sosial Dominan

Nilai sosial dominan adalah suatu nilai yang tergolong sangat penting, terutama bila dibandingkan dengan nilai sosial lainnya. Terdapat beberapa kriteria yang harus terpenuhi sehingga nilai sosial dikatakan sebagai nilai sosial dominan.

b. Nilai Sosial yang Mendarah Daging

Disini, nilai sosial tersebut memiliki arti yaitu nilai sosial dianggap telah menjadi bagian dari kepribadian bagi masyarakat, dikatakan sebagai suatu kebiasaan yang secara terus menerus terjadi dan berlangsung dalam kehidupan masyarakat.

Prof. Notonegoro mengemukakan bahwa dalam lingkungan masyarakat, sebenarnya nilai sosial dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Nilai Material

Nilai material adalah suatu nilai yang tercipta dari sebuah materi ataukah benda yang terkait satu sama lain. Sebagai contoh misalnya minuman mempunyai nilai karena merupakan hal yang sangat dibutuhkan manusia terutama dalam memenuhi hasrat pemenuhan energi.

2. Nilai Vital

Nilai Vital merupakan nilai dengan kegunaan tertentu. Seperti misalnya, gunting mengandung nilai karena berfungsi untuk memotong sesuatu. Apabila gunting tersebut menjadi tumpul, maka itu berarti bahwa gunting tersebut akan mengalami penyusutan nilai karena dianggap sudah tidak berguna lagi.

3. Nilai Spiritual

Nilai spiritual dapat dikatakan sebagai suatu nilai yang padati ada di dalam kejiwaan manusia.

PERAN NILAI SOSIAL

Di dalam kehidupan manusia, nilai memang memainkan peranan yang sangat penting:

  • Sebagai petunjuk dalam hal bertingkah laku dan bersikap khususnya dalam lingkungan bermasyarakat.
  • Sebagai sumber motivasi ketika menginginkan sesuatu dalam hidup.
  • Dijadikan sebagai alat pemersatu guna meningkatkan semangat kerja sama di kalangan masyarakat demi mencapai suatu tujuan bersama.
  • Sebagai kompas yang mampu mengarahan manusia agar dapat berperilaku sesuai dengan aturan serta nilai yang telah ditetapkan di lingkungannya.
  • Sebagai pengawas yang dapat menjadikan seseorang atau sekelompok orang untuk senantiasa berbuat baik.

Itulah penjelasan mengenai fungsi, macam, serta peran nilai sosial dalam kehidupan masyarakat.