Sungai Terpanjang di Brunei Darussalam

Loading...

ASTALOG.COM – Brunei Darussalam merupakan negara yang berbentuk kesultanan (monarkhi). Kepala Negara dan kepala pemerintahan dijabat oleh sultan. Ibukota negara Brunei adalah Bandar Seri Begawan.

Brunei Darussalam adalah suatu negara kesultanan dengan ibu kota Bandar Seri Begawan. Brunei Darussalam telah memerdekakan diri dari penjajahan Kerajaan Inggris pada tahun 1983. Kepala negara Brunei Darussalam adalah sultan dan kepala pemerintahannya juga sultan. Jumlah penduduk Brunei Darussalam sekitar 333.000 jiwa. Sebagian besar penduduknya adalah orang Melayu. Penduduk lainnya adalah orang Cina dan India. Bahasa kebangsaan Brunei Darussalam adalah bahasa Melayu dan agama yang ditetapkan sebagai agama resmi adalah agama Islam. Brunei Darussalam terkenal sebagai pengekspor minyak mentah, gas alam, dan produk minyak. Brunei Darussalam mengimpor produk-produk mesin, mobil, barang elektronik, beras, dan gula.

BACA JUGA:  Siapa Penemu Hukum Newton?

Letak, Luas dan Batas
Secara Astronomis, Brunei Darussalam terletak pada 4º30′ LU – 5º LU dan 114º40′ BT – 115º5′ BT. Luas negara ini 5.770,5 km², Wilayah Brunei Darussalam terletak di pantai barat laut pulau Kalimantan dengan batas utara Laut China Selatan. Seluruh kawasan Brunei dikelilingi wilayah Sarawak (Malaysia).

Bentang Alam
Secara fisiologi, Brunei Darussalam terbagi atas 2 bagian yaitu bagian barat (Daerah Tutong) dan timur (Daerah Temburong). Di bagian barat umumnya berupa rawa-rawa dan hutan bakau. Semakin ke pedalaman dairah ini berbukit-bukit dengan ketinggian rata-rata 100m.

Di wilayah ini terdapat 3 sungai yaitu Sungai Belait (terpanjang), sungai Tutong dan Sungai Brunei. Sungai belait diketahui sebagai salah satu sungai terpanjang yang ada di Brunei Darussalam.

BACA JUGA:  Bentuk Negara Jepang Yaitu?

Daerah Temburong merupakan daerah perbukitan yang lebih tinggi daripada wilayah barat. Di ujung selatan daerah timur ini terdapat puncak tertinggi bernama Bukit Pagon (1.850 m). Sungai di wilayah ini umumnya mengalir ke utara, antara lain Sungai Temburong, Sungai Pandarun, Sungai Belalong dan Sungai Batu Apoi.

Iklim
Brunei beriklim tropis dengan curah hujan dan kelembaban tinggi sepanjang tahun. Musim kemarau di Brunei berlangsung singkat yaitu bulan Juni sampai Agustus.

Kegiatan ekonomi bertumpu pada sektor pertambangan minyak bumi dan gas alam yang diekspor menghasilkan devisa sangat besar digunakan untuk menumpu kegiatan ekonomi. Tempat pertambangan minyak bumi terdapat di Seria, lepas pantai Kuala Belait, Amper dan Jerudong. Usaha pertanian yang banyak dilakukan adalah padi, kelapa, lada dan buah-buahan. Namun hasilnya belum mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri. Industri yang diusahakan adalah industri kain tenun dan industri logam.

BACA JUGA:  Ciri Khas Penelitian Geografi