Manfaat atau Fungsi Hutan

Loading...

ASTALOG.COM – Hutan merupakan sumberdaya alam yang dapat dimanfaatkan secara positif, manfaat langsung yang diperoleh dari hutan adalah kayu serta hasil hutan lainnya sedangkan manfaat tidak langsung yang diperoleh dari hutan adalah pengaturan tata air, rekreasi, pendidikan, kenyamanan lingkungan, udara yang bersih, mencegah terjadinya banjir dan lain-lain.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Hutan merupakan suatu kumpulan tetumbuhan, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas. Keunggulan yang lebih penting bagi hutan dari sumberdaya alam lain adalah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber-sumber hutan tidak akan kunjung habis dan kering , ia akan selalu ada asalkan diurus dan dijaga sebaik-baiknya. Pengelolaan sumber kehutanan modern berdasarkan sifat renewable dan potensi serba guna bagi kesejahteraan rakyat sepanjang masa . (Mubyarto, 1985)

Manfaat dan Fungsi Hutan
Fungsi hutan secara umum adalah sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, pengendali bencana, tempat penyimpanan air, dan untuk Mengurangi polusi untuk pencemaran udara. Oleh sebab pentingnya peranan hutan bagi kehidupan yang ada didalamnya, maka sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan hutan.

BACA JUGA:  Tuliskan 3 Pengaruh Globalisasi Ekonomi

1. Sebagai Paru-paru Dunia
Salah satu fungsi hutan adalah sebagai paru-paru dunia, maksudnya adalah hutan dapat menyerap gas karbon dioksida yang berbahaya bagi manusia dan menghasilkan gas oksigen yang sangat diperlukan manusia. Mengingat pentingnya peranan hutan yang satu ini, maka kita harus bisa menjaga hutan kita. Coba banyangkan jika semua hutan kita musnah atau hancur, kita akan mendapatkan udara bersih darimana?

2. Sumber Ekonomi
Fungsi hutan lainnya yang tidak kalah penting dari sebagai paru-paru dunia adalah sebagai sumber ekonomi. Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan terbesar didunia juga mengandalkan hasil-hasil hutannya seperti kayu dan lain-lainnya sebagai sumber ekonomi nasional. Kita berharap semoga sumber ekonomi dari hutan ini bisa digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat banyak di Indonesia ini.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Saragosa?

3. Habitat Bagi Flora dan Fauna
Ketahuilah bahwa fungsi hutan tidak hanya diperuntukkan bagi manusia semata, flora dan fauna pun sepantasnya mendapatkan manfaat hutan sebagai habitat atau rumah bagi mereka semua.Oleh sebab itu kita seharusnya untuk tidak merusak habitat mereka, kalau hutan kita menjadi rusak lantas mereka mau tinggal dimana? Ini merupakan tugas kita semua untuk menjaga dan mengawasi hutan kita dari kerusakan yang berkepanjangan.

4. Tempat Penyimpanan Air
Fungsi hutan lainnya yang begitu bermanfaat bagi kehidupan manusia adalah hutan sebagai tempat penyimpanan air dalam volume yang begitu besar. Air hujan yang jatuh ke bumi akan disimpan dalam akar-akar pohon yang ada di hutan. Manfaat ini sangat terasa ketika dimusim penghujan, hutan bisa dijadikan sebagai pengendali banjir. Ini juga begitu bermanfaat ketika musim kemarau ketika banyak lahan-lahan yang kering bisa dialirkan air.

5. Pengendali Bencana
Fungsi hutan lainnya yang harus dipahami umat manusia adalah hutan dapat menjadi pengendali bencana alam seperti banjir dan longsor. Banjir terjadi karena volume air yang jatuh ke bumi terlalu banyak sehingga aliran air tidak mampu memuat, disinilah hutan berfungsi untuk mengendalikan banjir yaitu dengan menyerap air-air kedalam akar pohon-pohonnya. Begitu juga halnya dengan longsor, keberadaan hutan yang lestari akan meminimalisir kejadian tersebut.

BACA JUGA:  Jenis-jenis Antibiotik

6. Menyuburkan Tanah
Fungsi lainnya yang bisa didapatkan dari keberadaan hutan disekitar kita adalah tanah yang subur. Ketahuilah bahwa tanah yang subur dapat mengoptimalkan tumbuh kembang tanaman yang bisa dimanfaatkan bagi manusia. Tanah disekitar hutan bisa tumbuh subur karena terjadinya proses penguranian daun-daun yang gugur (jatuh kebawah tanah) menjadi tanah humus yang begitu subur. Tanah yang subur banyak dimanfaatkan manusia untuk menanam pohon tertentu.

7. Mengurangi Polusi dan Pencemaran Udara
Fungsi hutan yang begitu penting lainnya bagi manusia adalah hutan bisa digunakan untuk mengurangi tingkat polusi dan pencemaran udara. Hutan bisa menyerap gas-gas yang menjadi biang terjadinya polusi dan pencemaran udara seperti karbon dioksida, karbon monoksida, dan lainnya. Gas-gas tersebut sangat membahayakan manusia terlebih jika gas-gas tersebut sudah berada pada tingkat diatas ambang normal.