Ciri-ciri Pembuluh Darah Vena

Loading...

ASTALOG.COM – Salah satu pembuluh darah yang ada pada manusia adalah pembuluh darah Vena. Pembuluh darah Vena disebut pula pembuluh darah balik yang akan membawa darah menuju jantung. Dalam hal ini, darah yang dibawanya banyak mengandung karbon dioksida.

CIRI-CIRI PEMBULUH DARAH VENA

  • Memiliki ukuran yang berdiameter antara 1 – 1,5 cm.
  • Terletak dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan.
  • Dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis.
  • Jika diraba, denyut jantungnya tidak terasa.
  • Mempunyai katup di sepanjang pembuluhnya yang berfungsi agar darah tetap mengalir satu arah. Dengan adanya katup tersebut, aliran darah tetap mengalir menuju jantung. Oleh karena itu, jika pembuluh darah vena terluka, maka darah tidak akan memancar tetapi merembes.
BACA JUGA:  Pengertian dan Mekanisme Siklus Jantung

PROSES KERJA PEMBULUH DARAH VENA

  • Dari seluruh tubuh, pembuluh darah vena bermuara menjadi satu pembuluh darah vena besar, yang disebut Vena Cava.
  • Pembuluh darah ini masuk ke jantung melalui serambi kanan.
  • Darah dari kapiler dalam jaringan tubuh kembali ke jantung melalui dengan venula, setelah itu ke pembuluh balik atau vena. Ini terjadi karena darah dalam perjalanannya kembali ke jantung memiliki tekanan yang sangat rendah.
  • Tekanan yang rendah tersebut menyebabkan darah cenderung mengalir kembali meninggalkan jantung. Untuk mencegah peristiwa itu, pembuluh balik memiliki banyak katup yang akan memastikan bahwa darah mengalir ke satu arah menuju jantung. Tekanan darah yang rendah dalam pembuluh balik menyebabkan tidak terasa adanya denyutan sehingga darah hanya menetes (tidak memancar) apabila pembuluh balik terluka.
  • Setelah terjadi pertukaran gas di paru-paru, darah mengalir ke jantung lagi melalui vena paru-paru. Pembuluh darah vena ini membawa darah yang kaya oksigen. Jadi, darah dalam semua pembuluh darah vena banyak mengandung karbon dioksida kecuali Vena Pulmonalis.

JENIS-JENIS PEMBULUH DARAH VENA

Secara umum, ada 4 jenis pembuluh darah vena, yaitu:

  1. Vena Pulmonalis (Vena Paru-paru) adalah pembuluh darah balik yang banyak mengandung oksigen dari paru-paru menuju ke antrium kiri jantung. Vena pulmonalis terbagi atas 2 jenis, yaitu Vena Pulmonalis kanan dan Vena Pulmonalis
  2. Vena Cava (Cena Sistemik) adalah pembuluh darah balik yang membawa darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung bagian antrium kanan. Vena cava terbagi atas 2, yaitu Vena Cava Superior dan Vena Cava Interior.
  3. Vena Superfisialis adalah pembuluh darah balik yang terletak dekat dengan permukaan kulit dan tidak terletak dekat dengan arteri yang tepat.
  4. Vena Dalam (Deep Vein) adalah pembuluh darah balik yang menyertai arteri dan biasanya tersimpan dalam selubung pembungkus vena dan arteri.
BACA JUGA:  Apakah Tugas dari BPD?

 

Loading...