Fungsi Fosfor Bagi Tubuh Manusia

ASTALOG.COM – Otot manusia membutuhkan adanya asupan fosfor untuk menggerakkan organ tubuh seperti tangan bahkan sekedar mengangkat kening sekalipun. Selain itu, fosfor akan membuat keseimbangan asam basa mempunyai kadar keseimbangan yang tertata sehingga gigi dan tulang menjadi lebih sehat.

Ingin tahu apa saja manfaat fosfor bagi kesehatan? Berikut penjelasannya, dilansir dari laman Manfaat.co.id.

1. Struktur Tulang dan Gigi Menjadi Semakin Kuat dan Sehat

Tulang dan gigi adalah organ yang sangat berperan besar dalam kehidupan sehari – hari manusia. Segala aktivitas dapat terlaksana berkat adanya tubuh yang normal. Untuk membuat struktur tulang dan gigi semakin kuat, kita bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kandungan fosfor. Seperti yang telah kita ketahui bahwa fosfor ini mampu membuat asam basa di dalam tubuh tetap seimbang sehingga nantinya proses pembentukan struktur tulang dan gigi mempunyai kadar kekuatan yang normal.

Kurangnya asupan mineral fosfor ke dalam tubuh dapat berpotensi menyebabkan adanya gejala gangguan kesehatan yang berkaitan dengan tulang dan gigi. Ketika kita tidak sanggup melengkapi kebutuhan akan fosfor bagi tubuh, maka besar kemungkinan penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang terjadi lebih dini. Hal ini di sebabkan karena di dalam matrik tulang yang ditandai dengan adanya endapan fosfor dapat menjadi klasifikasi awal pertumbuhan tulang dan gigi nantinya. Enzim fosfatase akan mengalami peningkatan apabila tubuh mengalami kekurangan asupan fosfor.

Enzim fosfatase ini merupakan sebuah enzim yang sangat dibutuhkan guna membuat fosfor dapat melepaskan diri dari ikatan jaringan tubuh. Selanjutnya ketika fosfor terlepas dari jaringan tubuh maka fosfor tersebut akan masuk ke dalam darah supaya perbandingan kalsium akan didapatkan sesuai dengan kadar fosfor yang bisa mendorong pertumbuhan tulang dan gigi.

Untuk itu, peran fosfor dalam proses pembentukan tulang dan gigi juga akan menentukan seberapa kuat kedua organ tersebut nantinya. Meskipun tulang dan gigi merupakan bagian besar organ tubuh yang membutuhkan adanya fosfor, namun manfaat fosfor juga dapat dirasakan pada organ tubuh lain. Ketika fosfor bertemu dengan kalsium maka akan terbentuklah sebuah senyawa kalsium fosfat.

Di mana senyawa tersebut mempunyai peran paling besar untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Untuk itu, memenuhi kebutuhan fosfor secara rutin dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya fosfor akan membuat kita terhindar dari resiko gangguan kesehatan yang berkaitan dengan tulang dan gigi.

2. Membantu Melancarkan Proses Urinisasi

Fosfor yang masuk ke dalam tubuh melalui sistem pencernaan tidak hanya baik untuk proses metabolisme tubuh saja, namun bermanfaat juga dalam melancarkan proses urinisasi. Fosfor dapat melancarkan buang air kecil secara teratur sehingga limbah metabolisme yang masih tertumpuk di dalam tubuh dapat segera di keluarkan melalui urin. Hal ini akan membuat tubuh terhindar dari resiko penyakit yang mengganggu fungsi ginjal.

Sehingga nantinya ginjal dapat bekerja secara lebih optimal. Selain itu, limbah metabolisme yang bisa terbuang melalui proses urinisasi (buang air kecil) tidak akan membuat tubuh manusia mengalami kelebihan zat – zat lain yang tidak dibutuhkan tubuh seperti kelebihan garam, air, lemak, dan asam urat.

3. Membantu Proses Terbentuknya Protein (Sintesa Protein)

Tubuh manusia membutuhkan adanya protein yang sangat berperan besar dalam memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Selain itu, protein juga berperan dalam proses membangun jaringan tubuh manusia. Fosfor merupakan zat yang mampu membantu proses sintesa protein di mana proses terbentuknya protein bagi tubuh akan tidak akan mengalami hambatan. Protein ini tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama tubuh anak-anak yang sedang berada di masa pertumbuhan.

Untuk itu, sebaiknya penuhi kebutuhan fosfor bagi tubuh supaya nantinya proses sintesa protein juga berjalan lebih maksimal. Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh membutuhkan adanya protein untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk beraktivitas seharian. Selain itu, protein ini berperan dalam membantu fungsi sel, pembentukan jaringan, memperbaiki jaringan yang mengalami kerusakan bahkan mengoptimalkan kinerja organ-organ tubuh lainnya.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Fungsi Syaraf dan Otot

Ketika kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung manfaat fosfor maka nantinya fungsi syaraf dan otot akan terbantu untuk bekerja secara lebih optimal. Mineral fosfor ini berperan besar dalam menjaga kesehatan fungsi syaraf dan otot di seluruh organ tubuh manusia. Selain itu, suplemen fosfor ini mampu mengurangi gejala kelelahan otot yang menimbulkan rasa nyeri berlebih pada bagian tertentu.

5. Menjaga dan Mengendalikan Keseimbangan Hormon

Hormon yang terdapat di dalam tubuh manusia akan terjaga keseimbangannya dengan terpenuhinya asupan fosfor. Bahkan fosfor yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi pengendali yang menjadikan hormon tetap seimbang. Kelenjar-kelenjar hormon dapat terjaga keseimbangannya dan terpantau secara baik dengan adanya fosfor itu sendiri di dalam tubuh.
sponsored links

6. Mengurangi Resiko Obesitas (Kelebihan Berat Badan)
Proses metabolisme akan semakin lancar dengan adanya fosfor. Hal ini karena fosfor berperan dalam pengolahan karbohidrat dan lemak yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Sehigga nantinya lemak tidak akan menimbunan didalam tubuh yang berpotensi menyebabkan berat badan naik secara drastis. Fosfor ini akan membuat proses metabolisme tubuh semakin optimal.

Dimana ketika proses metabolisme lancar, maka proses pencernaan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi sebuah energi menjadi lebih optimal. Hal ini tentunya akan menghindarkan kita dari penyakit obesitas atau kelebihan berat badan yang disebabkan oleh timbunan lemak pada tubuh karena dapat mengubah karbohidrat dan lemak menjadi sebuah energi.

7. Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Selain bermanfaat memperkuat tulang dan gigi, fosfor juga dibutuhkan oleh sistem pencernaan. Mineral fosfor nantinya akan memberikan sebuah stimulasi vitamin B2 dan vitamin B3 yang berperan membantu pencernaan. Kedua vitamin tersebut mempunyai peranan besar dalam meningkatkan keseimbangan metabolisme tubuh. Fosfor dapat dikatakan sebagai transportasi zat gizi di mana fungsinya sebagai alat pengangkut zat-zat gizi yang akan dibawa menuju membran sel bahkan aliran darah.

Hal tersebut menunjukan absorsi sedang terjadi pada saluran pencernaan. Pada umumnya kita bisa menyebut kejadian ini sebagai fosforilasi. Ketika zat-zat gizi yang berada di dalam aliran darah mengalami pelepasan menuju inti seluler di mana proses selanjutnya akan dialihkan menuju seluruh sel-sel yang berada di dalam tubuh manusia. Sehingga nantinya lemak yang tidak mengalami proses pelarutan di dalam air akan di bawa oleh darah ketika mempunyai bentuk sebagai fosfolipida. Namun sebaiknya kita tetap mengontrol jumlah asupan fosfor yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena jumlah fosfor yang di dalam darah berlebihan akan kalsium terikat sehingga dapat berpotensi menyebabkan kejang pada tubuh.

Sedangkan kondisi yang menyebabkan kekurangan fosfor biasanya dialami oleh penderita asam lambung yang mengkonsumsi obat antacid seperti alumunium hidroksida dalam jangka waktu yang lama. Jumlah fosfor yang seimbang sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala gangguan kesehatan yang menyangkut sistem pencernaan seperti indigesti dan perut kembung.

8. Memaksimalkan Fungsi Sel-Sel Tubuh

Sel merupakan bagian terkecil di dalam tubuh yang berperan besar bagi fungsi organ tubuh manusia. Dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan fosfor ini dapat membuat sel-sel tubuh menjadi lebih sehat sehingga fungsi sel tersebut akan semakin maksimal. Selain itu, mineral fosfor yang masuk ke dalam tubuh juga mampu melakukan perbaikan pada setiap sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat beberapa hal.

9. Membantu Fungsi Otak

Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai komanda atau pusat perintah, otak juga berperan besar dalam menentukan seseorang termasuk sehat atau tidak. Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung fosfor akan membuat kinerja dan fungsi otak menjadi lebih optimal. Hal ini karena otak adalah salah satu organ yang membutuhkan adanya suplemen fosfor untuk memaksimalkan kinerjanya.

Perlu kita ketahui bahwa fosfor adalah salah satu komponen penyusun jaringan otak. Untuk itu, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan alami yang baik bagi otak karena mengandung fosfor yang bisa mencukupi kebutuhan.

10. Membantu Proses Biokimia

Fosfor merupakan salah satu dari ko factor pada beberapa yang memicu adanya proses kimiawi di dalam tubuh manusia. Proses kimiawi ini berguna dalam menyelenggarakan fungsi sel dalam tubuh, pembentukan jaringan dan fungsi organ. Dimana pada proses tersebut akan memicu adanya reaksi yang melibatkan nutrien, hormone dan enzim. Untuk membantu proses biokimia di dalam tubuh sebaiknya kita rutin mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung fosfor supaya proses tersebut dapat terjadi secara normal dan lancar.