Pembagian Wilayah Negara India

ASTALOG.COM – India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari 1 miliar jiwa, dan merupakan negara terbesar ke-7 berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. India terletak di wilayah Asia Selatan dengan garis pantai sepanjang 7.000 km, dan bagian dari anak benua India. Di masa lalu, India merupakan bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah. India membagi perbatasannya dengan Pakistan, Republik Rakyat Tiongkok, Myanmar, Bangladesh, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sementara itu, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia adalah negara kepulauan yang bersebelahan.

PEMBAGIAN WILAYAH NEGARA INDIA

1. India Barat

India Barat terdiri dari negara bagian, yaitu: Goa, Gujarat, dan Maharashtra, dalam wilayah kesatuan Daman dan Diu serta Dadra dan Nagar Haveli. India Barat merupakan wilayah industri dengan jumlah penduduk yang besar. Wilayah India Barat dibatasi oleh:

  • Gurun Thar di barat laut;
  • Banjaran Vindhya di utara;
  • Laut Arab di timur.

2. India Timur

India Timur merupakan wilayah negara India yang terdiri dari negara bagian, yaitu: Bengal Barat, Bihar, Jharkhand, dan Orissa. Orissa dan Bengal Barat memiliki kesamaan dalam hal ciri budaya dan bahasa dengan Bangladesh dan Assam. Selain itu, bersama-sama dengan Bangladesh, Bengal Barat membentuk kawasan etno-linguistik Bengal sebelum Pemecahan India pada 1947.

Kebanyakan kawasan India Timur terletak di pantai timur India di sebelah Teluk Bengal dan di dataran Indo-Ganges. Jharkhand yang berada di dataran Chota Nagpur merupakan wilayah berbukit-bukit dan berhutan lebat serta kaya akan mineral. Kawasan itu dibatasi oleh:

  • Himalaya Nepal dan Sikkim di utara;
  • Uttar Pradesh dan Chattisgarh di barat;
  • Andhra Pradesh di selatan;
  • Teluk Bengal di timur.

3. India Selatan

India Selatan merupakan wilayah negara India yang terdiri dari: Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala, dan Tamil Nadu, serta wilayah kesatuan Lakshadweep dan Pondicherry. Diperkirakan luas wilayah India Selatan adalah sekitar 19.3% dari luas seluruh wilayah negara India. India Selatan terletak di semenanjung Penara Deccan dan dibatasi oleh:

  • Laut Arab di barat;
  • Lautan India di selatan;
  • Teluk Bengal di timur.

4. India Utara

India Utara atau Dewanagari merupakan wilayah yang terletak di bagian utara India. Batas resmi wilayah ini tidak pasti. Ciri-ciri geografis utama di India Utara adalah Dataran Indus-Gangga dan Pegunungan Himalaya, yang membatasi wilayah ini dengan Tibet dan Asia Tengah. Sejarah mencatat, negara bagian Maurya, Gupta, Mughal, Maratha, Sikh, dan Kemaharajaan Britania pernah berdiri di India Utara. Budaya wilayah ini sangat beragam. Di India utara ada pusat perziarahan Hindu di Char Dham, Haridwar, Mathura, Allahabad, dan Varanasi. Selain itu terdapat kuil Mahabodhi Buddha, kuil emas Sikh, dan tempat perziarahan Muslim di Ajmer. Di wilayah ini juga terdapat situs-situs warisan dunia seperti lembah bunga-bunga, Khajuraho, Gua Bhimbetka, Qutb Minar, dan Taj Mahal.

 

PELAJARAN YANG BERKAITAN