Sinus Frontalis Adalah

Loading...

ASTALOG.COM – Sinus frontalis adalah dua rongga berisi udara yang terletak di belakang dahi sebelah tengah-bawah. Definisi sinus frontalis Menurut Istilah Kedokteran sinus frontalis; sinus frontal Itulah definisi dari sinus frontalis, untuk mencari istilah dan definisi yang lain dapat menggunakan kotak penelusuran.

Fungsi Sinus frontalis
Sebagai salah satu dari empat pasang sinus adalah sinus frontalis melayani tujuan memproduksi dan menguras lendir hidung. Mereka berada di atas mata di kedua sisi daerah dahi.

Sinus frontalis, bersama dengan sinus sphenoid, berkembang pada masa tahun-tahun remaja. Fungsi sinus adalah:

1. Menyaring dan melembabkan udara saat seseorang bernapas
2. Meringankan kepala yang terasa berat
3. Melindungi organ vital
4. Memaksimalkan kualitas suara
5. Cedars-Sinai menyatakan bahwa fungsi utama dari sinus adalah untuk menghasilkan lendir yang mengalir ke dalam dan melembabkan hidung. Lendir itu sendiri adalah penting, dalam hal ini membantu membawa polutan seperti debu, kotoran dan mikroorganisme. Ketika proses pengeringan terhambat, radang atau infeksi dapat terjadi.

Pengobatan Medis Untuk Mengobati Sinusitis
Sinusitis yang diakibatkan oleh virus dan tidak terlalu berat biasanya diobati dengan pemberian obat pengurang rasa nyeri, anti radang dan decongestan. Tujuan pengobatannya adalah menghentikan peradangan, mengurangi rasa sakit, dan membuka sumbatan di saluran sinus sehingga penumpukan mukus dapat dikeluarkan. Sedangkan sinusitis yang diakibatkan oleh bakteri memerlukan pemberian antibiotika untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut, pemberian antibiotika berlangsung antara 10-14 hari. Sedangkan sinusitis kronis yang lebih berat memerlukan pengobatan seperti diatas dan memerlukan operasi drainage sinus untuk mengeluarkan cairan mukus dan nanah di sekitar sinus. Anda tidak perlu takut karena operasi yang dilakukan biasanya adalah operasi ringan dan singkat, anda bisa pulang kerumah begitu operasi selesai.

BACA JUGA:  Pulau dengan Jumlah Provinsi Terbanyak di Indonesia

Sinusitis yang tidak diobati dengan baik akan menimbulkan komplikasi. Komplikasi yang serius jarang terjadi, namun kemungkinan yang paling gawat adalah penyebaran infeksi ke otak yang mengancam nyawa. Sekali lagi perlu ditekankan bahwa sinusitis dapat diobati dengan tuntas. Pemilihan pengobatan yang tepat dan secepat mungkin akan mampu sembuh dengan baik. Segeralah lakukan pengobatan ke dokter jika anda menjumpai gejala gejala sinusitis seperti diatas.

Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami
Cara-cara mengobati sinusitis secara alami ini dapat membantu menjaga rambut halus (silia) di sinus tetap sehat dan mencegah terjadinya penumpukan lendir. Disamping itu, cara-cara berikut dapat meningkatkan efektivitas antibiotika untuk mengatasi sinusitis infeksi.

BACA JUGA:  Struktur dan Fungsi Jaringan Otot

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengobati sinusitis secara alami:

1. Minum air panas. Air panas dan makanan panas dapat membantu melepaskan sumbatan pada sinus anda, disamping itu minuman panas dapat membantu melembabkan selaput lendir anda, mempercepat gerakan silia sehingga mampu mencuci lendir keluar dari sinus dengan cepat. Anda bisa minum teh hangat atau sup panas setiap hari.

2. Beri kompres hangat ke wajah Anda. Lakukan kompres hangat ini tiga kali sehari selama lima menit sebagai bagian dari pengobatan sinusitis anda. Gunakan handuk kecil yang dibasahi air hangat, kemudian tempatkan di kedua pipi dan diantara mata anda. Kompres hangat ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di sinus anda dan mempercepat gerakan silia untuk membuang cairan mukus yang menumpuk.

3. Menghirup uap air hangat. Anda bisa menyiapkan sebuah baskom berisi air hangat dan dicampur dengan sedikit garam. Sesuaikan tingkat kepanasan air tersebut sehingga tidak menyakiti anda, hirup uap air tersebut selama beberapa kali setiap sesinya. Lakukan ini sekitar 3 kali sehari untuk pengobatan sinusitis

4. Ekstrak daun zaitun. Daun zaitun dikenal efektif dalam memerangi infeksi bakteri atau jamur yang mendasari terjadinya sinusitis.

BACA JUGA:  Jenis - Jenis Tari Bali

5. Vitamin C. Vitamin C dikenal karena kemampuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi reaksi alergi. Vitamin C juga dapat mengurangi penyumbatan sinus secara langsung, dengan mengurangi kadar histamin. Histamin merupakan senyawa yang diproduksi tubuh yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada selaput lendir. Minumlah vitamin C satu gram 3 kali sehari, atau anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang mengandung banyak vitamin c seperti jeruk dan jambu biji untuk mengobati sinusitis anda

6. Zinc atau Seng merupakan nutrisi dengan beberapa keuntungan. Zinc dapat membunuh virus yang dapat memperpendek durasi flu dan mengurangi resiko terjadinya sinusitis. Zinc juga dikenal karena kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi peradangan. Anda bisa meminum tablet Zinc 15 mg tiga kali sehari sebagai pengobatan sinusitis

7. Buah-buahan dan sayuran. Quercetin adalah salah satu dari kelompok senyawa yang disebut flavonoid yang terjadi secara alami dalam buah-buahan dan sayuran. Quercetin meningkatkan efektivitas vitamin C dalam tubuh dan juga dapat menghambat proses peradangan sinusitis dengan menghalangi pelepasan zat inflamasi seperti histamin. Mengkonsumsi sayuran dan buah secara alami mampu mencegah dan mengobati sinusitis.

Loading...