Ciri dari Cargassum

ASTALOG.COM – Rumput laut Sargassum merupakan salah satu rumput laut yang termasuk dalam kelas Phaeophyceae. Sargassum biasanya tumbuh melekat pada benda yang keras atau batu-batu karang yang telah mati dan hancur, bahkan sering dijumpai terapung terbawa air. Ganggang ini lain dari ganggang pada umumnya, karena mempunyai bentuk yang mirip sekali dengan bentuk tumbuh-tumbuhan darat, dengan akar, batang dan daunnya. Sargassum dilengkapi dengan gelembung-gelembung udara, yakni alat untuk mengapung (Soerjodinoto 1962 diacu dalam Nurdayat 2005).

Menurut Tjondronegoro et al. (1989) diacu dalam Nurdayat (2005), tiga sifat Sargassum adalah yang pertama, Sargassum memiliki pigmen coklat yaitu fukosantin yang menutupi warna hijau dari pigmen klorofil a dan c, yang kedua yaitu hasil fotosintesis terhimpun dalam bentuk laminarin, dan yang ketiga Sargassum memiliki flagel.

Dilansir dari wikipedia, Sargassum adalah genus makroalga planktonik pada ordo Fucales. Spesies ini dinamai dari Laut Sargasso di Samudra Atlantik, yang memiliki kandungan spesies Sargassum yang besar. Spesies genus ini dapat memanjang hingga beberapa meter.

Klasifikasi Sargassum
Kelas : phaeophyceae
Bangsa : fucales
Suku :sargassaceae
Marga : sargassum
Jenis : sargassum cristaefolium

Jenis-jenis Sargassum
Jenis-jenis Sargassum sp. yang dikenal di Indonesia ada sekitar 12 spesies, yaitu Sargassum duplicatum, S. histrix, S. echinocarpum, S. gracilimun, S. obtusifolium, S. binderi, S. policystum, S. crassifolium, S. microphylum, S. aquofilum, S. vulgare, dan S. polyceratium (Kadi dan Atmadja 1988).

Ciri dari Sargasum
Sargassum memiliki warna coklat, kauloidnya silindris dan bercabang. Filoidnnya panjang dengan pinggir bergerigi terdapat bintik- bintik gelap yang merupakan hasil dari penebalan pigmen yang tidak merata. Juga memiliki airgleader yang nampak seperti buah, airgleader tersebut digunakan untuk menyimpan udara agar algae ini dapat mengapung dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh Sargassum sp. antara lain thallus pipih, licin, batang utama bulat agak kasar, dan holdfast (bagian yang digunakan untuk melekat) berbentuk cakram. Cabang pertama timbul pada bagian pangkal sekitar 1 cm dari holdfast.

Habitat Sargassum
Sargassum berada di daerah perairan yang jernih yang mempunyai substrat dasar batu karang

Manfaat Sargassum sp
Rumput laut sargassum telah lama dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat. Sebagai sumber gisi, rumput laut memiliki kandungan karbohidrat (gula atau vegetable-gum), protein, sedikit lemak, dan abu yang sebagian besar merupakan senyawa garam natrium dan kalium. Selain itu, rumput laut juga mengandung vitamin-vitamin, seperti A,B1,B2,B6,B12, dan C; betakaroten; serta mineral, seprti kalium, kalsium, fosfor, natrium, zat besi, dan yodium.

Hidrokoloid dari Rumput laut (Karaginan, Agar dan Alginat) sangat diperlukan mengingat fungsinya sebagai gelling agent, stabilizer, emulsifier agent, pensuspesi, pendispersi yang berguna dalam berbagai industri seperti industri makanan, minuman, farmasi dan kosmetik, maupun industri lainnya seperti cat tekstil, film, makanan ternak, keramik, kertas, fotografi dan lain- lain.

PELAJARAN YANG BERKAITAN