Manfaat Kesehatan Buah Naga

ASTALOG.COM – Buah Naga yang berwarna merah merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun saat ini telah dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia Utara, dan Tiongkok Selatan.

Menurut catatan sejarah, di tahun 1870, buah ini dibawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam yang sangat terpengaruh dengan budaya Cina, buah itu dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara 2 ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah, orang-orang Vietnam mengenal buah itu sebagai buah naga (thang loy). Istilah thang loy kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Hingga sekarang, buah naga yang dibudidayakan telah menghasilkan 4 jenis varietas yang dapat dikonsumsi, yaitu:

  1. Hylocereus undatus merupakan jenis buah naga yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
  2. Hylocereus polyrhizus merupakan jenis buah naga yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
  3. Selenicereus megalanthus merupakan jenis buah naga dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
  4. Hylocereus costaricensis merupakan jenis buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Untuk mengkonsumsinya, buah naga harus dibelah hingga daging buahnya terlihat. Tekstur buahnya sering disamakan dengan buah kiwi karena bijinya yang hitam dan renyah. Daging buahnya terasa agak manis ketika dimakan dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Biji buah naga memiliki rasa pedas serta kaya akan lipid, serta dapat dimakan bersama dengan daging buahnya, namun bijinya harus dikunyah karena sulit dicerna oleh tubuh. Selain dimakan langsung, buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman seperti sup, salad, keripik, agar-agar, jus buah, bubur mutiara, dan sebagainya.

MANFAAT KESEHATAN BUAH NAGA

Buah naga merah sebagai salah satu jenis buah naga yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa di gunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit. Jika diuraikan, berikut ini beberapa manfaat kesehatan buah naga:

  1. Membantu menyembuhkan penyakit kanker, dimana kandungan vitamin kompleksnya sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.
  2. Mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, dimana buah naga merah bisa membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.
  3. Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.
  4. Membantu menjaga kesehatan dan stamina tubuh dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya.
  5. Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga merah mengandung banyak kalsium organik.
  6. Mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi.
  7. Merawat kesehatan mata, karena betakaroten yang terkandung dalam buah naga merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
  8. Menjaga kesehatan jantung karena kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3.

 

PELAJARAN YANG BERKAITAN