4 Macam Gigi pada Manusia

Loading...

ASTALOG.COM – Gigi adalah bagian keras yang terdapat dalam mulut yang memiliki struktur bervariasi dan memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan.

4 MACAM GIGI PADA MANUSIA

  1. Gigi Seri (dentis insisivus) adalah gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi seri merupakan gigi yang berada pada bagian depan. Bentuknya tegak dengan tepi yang tajam, seperti sekop atau tatah.
  2. Gigi Taring (dentis kaninus) adalah gigi yang memiliki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuknya lebih tinggi dan runcing.
  3. Gigi Geraham Depan (pramolar) adalah gigi yang memiliki 2 akar yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi ini lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil.
  4. Gigi Geraham Belakang (molar) adalah gigi yang memiliki 3 akar yang memiliki fungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan, dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.
BACA JUGA:  Tumbuhan yang Hidup Secara Heterotrof

STRUKTUR SUSUNAN GIGI PADA MANUSIA

  1. Puncak gigi/mahkota gigi (korona), yaitu bagian yang tampak dari luar. Setiap jenis gigi memiliki bentuk mahkota gigi yang berbeda-beda.
  2. Leher gigi (kolum), yaitu bagian gigi yang terlindung di dalam gusi dan merupakan batas antara mahkota dan akar gigi.
  3. Akar gigi (radiks), yaitu bagian gigi yang tertanam di dalam rahang. Akar gigi yang menancap pada tulang rahang tersebut ada yang berjumlah satu dan dua.

LAPISAN PENYUSUN GIGI PADA MANUSIA

  1. Email adalah bagian mahkota gigi dilapisi oleh lapisan/jaringan keras yang mengandung kalsium dan berfungsi untuk melindungi tulang gigi dengan zat yang sangat keras yang berada di bagian paling luar gigi manusia.
  2. Tulang dentin merupakan lapisan yang berada pada lapisan setelah email yang dibentuk dari zat kapur. berupa jaringan berwarna kekuningan.
  3. Pulpa (Rongga Gigi) merupakan bagian yang terdapat pembuluh darah untuk memelihara seluruh gigi, dan serabut-serabut saraf yang mendeteksi tekanan, panas, dingin, dan sakit. Pembuluh darah dan saraf tersebut menjulur hingga akar gigi.
  4. Semen merupakan lapisan keras atau jaringan semacam tulang yang memiliki konstruksi yang kuat melapisi akar gigi. Semen (Sementum) merupakan bagian dari akar gigi yang berdampingan/berbatasan langsung dengan tulang rahang di mana gigi manusia tumbuh.
BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Drama?

TAHAPAN PERKEMBANGAN GIGI PADA MANUSIA

Berdasarkan tahapan perkembangannya, gigi pada manusia mengalami 2 tahap perkembangan, yaitu:

  1. Gigi Susu (dentis desidue) merupakan gigi yang tumbuh pada anak usia 6 bulan hingga 8 tahun. Sejak usia 6 tahun hingga usia 14 tahun, gigi susu akan tanggal satu persatu dan digantikan dengan gigi dewasa. Jumlah gigi susu pada anak terdiri dari 20 buah dengan rincian: 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, dan 8 buah gigi geraham.
  2. Gigi Dewasa/Gigi Tetap (dentis permanent) merupakan gigi yang terdapat pada orang dewasa yang berjumlah 32 buah dengan rincian: 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, 8 buah gigi geraham depan, dan 12 buah gigi geraham belakang.

Loading...