Batas Geografis Benua uAstralia disebelah Utara

Loading...

ASTALOG.COM – Australia adalah Benua terkecil di dunia. Australia sering disebut sebagai negara benua, karena hanya satu negara didunia yang wilayahnya meliputi seluruh wilayah benua. benua ini letaknya disebelah selatan Kepulauan Indonesia.

Benua ini ditemukan tahun 1770 oleh James Cook seorang pelaut Inggris dan mula-mula diberi nama Terra in Cognita (daratan tak bernama). Tahun 1884, seorang Inggris lain bernama Abel Tasman, menemukan Tasmania pulau di sebelah Australia.

Letak dan luas Benua Australia

Benua Australia terletak di bagian timur bumi, di belahan bumi selatan. Letaknya membuat Autralia disebut sebagai “benua bawah”. Kata Australia berasal dari bahasa Latin Terra Australis yang berarti daratan di bagian selatan.

Secara astronomis benua ini terletak antara 10o41’ LS – 43o39’ LS dan antara 113o9’ BT – 153o39’ BT. Batas paling utara adalah Tanjung York, batas paling selatan di Pulau Tasmania, batas paling barat adalah Tanjung Barat Laut, dan batas timur di pantai kota Brisbane.

Australia merupakan benua terkecil. Luasnya ±7.683.300 km2, dengan batas geografis sebagai berikut.

BACA JUGA:  Replikasi Virus Secara Litik dan Lisogenik

– Sebelah utara : Laut Arafuru, Laut Timor, Selat Flores (Indonesia) dan Papua Nugini.
– Sebelah barat : Samudra Hindia.
– Sebelah timur : Laut Koral, Samudra Pasifik, dan Laut Tasman.
– Sebelah selatan : Samudra Hindia.

Bentang alam

Dataran tinggi Australia terdapat di Plato Barat. Kawasan tersebut dahulu adalah kawasan pegunungan yang telah tererosi selama jutaan tahun. Kawasan plato Barat Australia mencakup Plato Hammersley, Plato Kimberley, dan Plato Tanah Arnhem, termasuk juga wilayah pegunungan dan perbukitan rendah, seperti Pegunungan Mac Donnell, Pegunungan Musgrave, Perbukitan Throssell, dan Perbukitan Robertson. Di kawasan plato Barat ini terdapat ketampakan alam berupa batu cadas raksasa yang disebut Ayer’s Rock atau Uluru. Di kawasan plato Barat inilah terletak gurun-gurun Australia yang terkenal, seperti Gurun Victoria Besar, Gurun Pasir Besar, Gurun Gibson, dan Gurun Tanami.

Dataran rendah Australia terdapat di bagian tengah dan Selatan, tepatnya di sebelah Utara Teluk Australia Besar yang disebut dengan Dataran Nurlabor (Nurlabor Plain), di kawasan Danau Eyre, dan di Lembah Sungai Darling di New South Wales. Kawasan dataran rendah tersebut merupakan kawasan air bawah tanah yang membentang sejauh 2.000 km dari Utara ke Selatan dan 1.600 km dari Timur ke Barat. Cekungan tersebut terletak di bawah dataran tengah dan mencakup tiga perempat Queensland, seperempat New South Wales, sepertiga Australia Selatan, dan seperdelapan Daerah Khusus Utara. Air bawah tanah itu dapat dipompa ke luar sebagai air artesis untuk menghidupi domba dan ternak.

BACA JUGA:  Jenis Media yang Digunakan pada Teknik Kultur Jaringan

Wilayah gurun mendominasi daratan Benua Australia, luasnya ± 1.492.000 km² meliputi Gurun Pasir Besar, Gurun Victoria Besar, Gurun Tanami, Gurun Gibson, Gurun Shimpson, dan Gurun Stewart. Gurun-gurun tersebut pada umumnya merupakan plato, hanya di bagian tengah yang berupa gurun dataran rendah.

Iklim
Lebih dari sepertiga Benua Australia terletak di kawasan tropis dan dua pertiga sisanya terletak di kawasan subtropis dan kawasan beriklim sedang. Pada bagian tengah benua juga terdapat iklim gurun yang kering dengan amplitudo suhu yang besar. Selain banyak turun hujan di kawasan Utara (daerah tropis), hujan juga banyak turun di bagian pegunungan Timur karena adanya pengaruh angin pasat Tenggara dari perairan Samudra Pasifik yang lembap dan menyebabkan terjadinya hujan orografis.

BACA JUGA:  Pentingnya Usaha Bela Negara dalam Kehidupan Berbangsa di Indonesia

Penduduk
Penduduk asli Australia adalah bangsa Aborigin. Namun, bangsa Aborigin makin terdesak oleh pendatang dari Eropa dan daerah lain. Lebih dari 80% penduduk benua ini tinggal di perkotaan. Penduduk Australia mayoritas adalah pemeluk agama Kristen (Anglikan, Katolik Roma, Ortodoks, dan sebagainya).

Pembagian wilayah
Benua Australia hanya terdiri dari satu negara, di mana wilayahnya terbagi menjadi negara bagian dan wilayah teritorial yang langsung di bawah pengawasan pemerintah pusat.

1) Negara bagian terdiri dari New South Wales (Sydney), Victoria (Melbourne), Queensland (Brisbane), South Australia (Adelaide), Western Australia (Perth), Tasmania (Hobart).

2) Wilayah teritorial terdiri dari Australian Capital Territory (Canberra), Northern Territory (Darwin), Wilayah Teluk Jervis, Kepulauan Ashmore dan Cartier, Pulau Norfolk, Pulau Natal, Kepulauan Cocos (Keeling), Kepulauan Laut Koral, Pulau Heard dan Kepulauan McDonald, Wilayah Antarktika Australia.