Negara yang Terkurung Daratan

Loading...

ASTALOG.COM – Negara yang terkurung darataan bisa diartikan sebagai satu negara yang terkurung atau hampir terkurung oleh daratan. Hingga tahun 2008, terdapat 44 negara di dunia ini yang terkurung daratan. Dari daratan-daratan besar yang memiliki lebih dari satu negara, hanya Amerika Utara yang tidak mempunyai negara terkurung.

Secara historis, negara yang terkurung daratan dianggap sebagai posisi tak menguntungkan, karena hal ini telah memutuskan negara tersebut dari sumber daya laut seperti perikanan. Bahkan yang lebih penting lagi, karena telah memutuskan akses negara tersebut ke perdagangan laut, yang hari ini mewakili persentase besar dalam perdagangan internasional. Padahal diketahui bahwa wilayah tepi laut biasanya lebih kaya dan lebih padat daripada pedalaman.

NEGARA-NEGARA YANG TERKURUNG DARATAN

Ada 3 kategori dalam pengelompokan negara-negara yang terkurung daratan, yaitu:

1. Negara yang Terkurung Daratan Ganda

Negara yang terkurung daratan ganda merupakan sebuah negara yang terkurung daratan dan dikelilingi oleh negara terkurung daratan lainnya. Dalam hal ini, seseorang yang tinggal di negara itu harus melintasi setidaknya 2 perbatasan untuk mencapai pesisir pantai. Saat ini ada 2 negara yang terkurung daratan ganda, yaitu:

  1. Uzbekistan : negara yang berada di kawasan Asia Tengah ini berbatasan dengan Turkmenistan dan Kazakhstan yang berbatasan dengan Laut Kaspia asin yang terkurung daratan. Dari situ kapal bisa mencapai Laut Azov melalui Kanal Volga-Don buatan, kemudian melintasi Laut Hitam, Laut Mediterania, dan samudera lepas. Uzbekistan masuk dalam kategori ini karena merupakan bagian dari Kekaisaran Rusia.
  2. Liechtenstein : negara yang berada di kawasan Eropa Tengah ini berbatasan dengan Austria dan Hungaria, yang memiliki Pantai Adriatik hingga tahun 1918.
BACA JUGA:  Pertanyaan Tentang Proses Integrasi Nusantara

2. Negara yang Terkurung Oleh Satu Negara

Negara yang terkurung oleh satu negara maksudnya adalah negara yang dikurung di berbagai sisi oleh satu negara. Negara seperti itu disebut juga enklave. Ada 3 negara yang termasuk dalam kategori ini, yaitu:

  1. Republik San Marino, enklave di Italia
  2. Vatican City, enklave di kota Roma, Italia
  3. Kerajaan Lesotho, enklave di Afrika Selatan

3. Negara yang Hampir Terkurung Daratan

Dikatakan sebagai negara yang hampir terkurung daratan karena garis pantainya yang pendek. Ada 5 negara yang termasuk dalam kategori ini, yaitu:

  1. Irak : Teluk Persia melalui Semenanjung Al-Faw sepanjang 58 km (35 mil)
  2. Slovenia : Laut Adriatik melalui Koper sepanjang 43 km (26.8 mil).
  3. Republik Demokratik Kongo : Samudera Atlantik sepanjang 40 km (25 mil).
  4. Yordania : Laut Merah-Teluk Aqaba melalui Aqaba, sepanjang 26 km (16 mil).
  5. Bosnia dan Herzegovina : Laut Adriatik melalui Neum, sepanjang 21.2 km (13.2 mil).
BACA JUGA:  Jenis-Jenis Service Dalam Bola Volly

NEGARA-NEGARA YANG TELAH MELAKUKAN USAHA AGAR TIDAK TERKURUNG DARATAN

Saat ini ada 5 negara yang telah melakukan usaha agar tidak terkurung daratan, yaitu:

  1. International Congo Society yang memiliki Republik Demokratik Kongo. Saat ini telah diberikan sebidang tanah kecil melintasi Angola untuk menghubungkannya ke laut melalui Konferensi Berlin tahun 1885.
  2. Republik Dubrovnik pernah menghadiahi kota Neum pada Kekaisaran Ottoman karena tidak ingin mempunyai perbatasan darat dengan Venesia. Kota Neum yang kecil ini diwariskan oleh Bosnia dan Herzegovina, dan sekarang memberikan akses laut terbatas, membelah pantai Adriatik di Kroasia menjadi 2.
  3. Polandia, dimana setelah Perang Dunia I, berdasarkan Perjanjian Versailles, sebagian dari Jerman, ditetapkan sebagai “koridor Polandia“, dimana diberikan pada Republik Polandia Kedua yang baru, untuk akses ke Laut Baltik. Ini juga awal untuk menjadikan Danzig (Gdansk) dan pelabuhannya sebagai Kota Bebas Danzig. Hal ini telah menjadikan Polandia sebagai sebuah negara semi terkurung daratan sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, tetapi Polandia segera memperbesar pelabuhan ikan kecil di Gdynia.
  4. Sungai Danube telah diinternasionalisasikan sehingga Austria, Hungaria, Slowakia, dan bagian selatan Jerman yang terkurung daratan memiliki akses aman ke Laut Hitam.
  5. Serbia menjadi terkurung daratan ketika Montenegro berpisah dari Serbia dan Montenegro. Namun melalui Sungai Danube, negara ini memiliki akses ke Laut Hitam.

 

Loading...