Kemajuan Turki di Bawah Kepemimpinan Erdogan

Loading...

ASTALOG.COM – Sejak Mustafa Kamal Ataturk mengganti kekhalifahan Islam Turki Usmani pada tahun 1923 menjadi republik yang berideologi sekuler dan ke-Barat-baratan, negara tersebut praktis menjadi pesakitan dalam pentas peradaban modern negara-negara dunia. Padahal, sebelumnya Turki Usmani adalah sebuah kekuatan besar yang bahkan luasnya membentang di antara negara-negara Eropa dan Asia.

Setelah sekian lama memasung sistem sekuler, akhirnya Islam kembali bangkit di Turki. Kebangkitan ini terjadi satu dekade silam sejak partai yang mengusung visi Islam, AKParti (Adalet Kalkinma Paritisi) mendominasi jagad perpolitikan di negara dua benua tersebut.

Di bawah kepemimpinan Receb Tayyib Erdogan, Turki mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang. Pertumbuhan ekonomi Turki sangat luar biasa, melebihi negara-negara Eropa. Angka pengangguran berkurang drastis dan lapangan pekerjaan terbuka lebar.

Dari segi layanan umum, nampak terlihat perbedaan yang sangat kontras seperti prasarana umum Turki yang sangat buruk sebelum Erdogan memimpin Turki dan berubah menjadi sangat bagus setelah Erdogan memimpin Turki. Jalanan yang sebelumnya rusak dan becek, berubah menjadi sangat halus setelah Erdogan memimpin Turki. Kemiskinan yang melanda rakyat Turki berangsur hilang dan digantikan dengan kesejahteraan masyarakat Turki.

BACA JUGA:  Mengapa Pada Mulanya Rakyat Indonesia Menyabut Baik Kedatangan Jepang?

Berikut ini beberapa potret kondisi sebelum dan sesudah Erdogan memimpin Turki, dilansir dari laman Islamedia.id:

1. Jilbab

Sebelum Erdogan memimpin Turki, Muslimah Turki dilarang mengenakan jilbab, karena dianggap sebagai simbol Islam. Bahkan para Muslimah Turki mengenakan jilbab berbentuk dengan mengenakan rambut palsu. Muslimah Turki dilarang keras mengenakan jilbab di Sekolah, kampus, instansi pemerintahan dan tempat umum. Jika ketahuan mengenakan jilbab maka akan dipaksa untuk melepaskanya oleh polisi. Bahkan tidak sedikit Muslimah dihukum gantung karena menolak melepas jilbabnya.

Setelah Erdogan memimpin Turki, larangan jilbab dicabut, para Muslimah bebas mengenakan jilbab dimanapun, baik di sekolah, kampus, instansi pemerintah dan tempat umum. Tidak ada lagi kejadian pelepasan jilbab secara paksa.

2. Jalan

Sebelum Erdogan memimpin Turki mayoritas jalan-jalan di seluruh Turki rusak dan becek. Setelah Erdogan memimpin Turki jalan-jalan di Turki berubah 180 derajat, menjadi halus dan rapi

3. Kesehatan dan Rumah Sakit

Sebelum Erdogan memimpin Turki layanan kesehatan sangat buruk, warga yang akan memeriksakan kesehatanya harus mengantri sangat panjang dan pelayanan rumah sakit yang sudah kuno.

BACA JUGA:  Jelaskan Proses Terjadinya Pendengaran?

Setelah Erdogan memimpin Turki Tak ada lagi antrian panjang pasien rumah sakit. Telah dibuat sistem appointment melalui jaringan internet di seluruh rumah sakit Turi. Sehingga pasien yang akan berobat bisa mendaftarkan diri melalui intenet terlebih dahulu dan sekaligus dapat memilih dokter yang diinginkan.

Selain itu sistem modernisasi rumah sakit Turki yang terus dilakukan, alat kesehatan dimodernisasi, sehingga pelayanan kesehatan semakin membaik di Turki.

4. Sekolah

Sebelum Erdogan memimpin Turki bangunan sekolah sangat memprihatinkan, sudah berpuluh tahun tak ada perbaikan. Bahkan banyak terlihat fasilitas belajar seperti meja yang sangat buruk.

Setelah Erdogan memimpin Turki bangunan sekolah di renovasi menjadi lebih bersih dan modern. Sistem pendidikan diperbaiki, bahkan untuk menunjang pendidikan para murid dibagikan Tablet TouchScreen secara gratis. Sistem pembelajaran bertandar Eropa dan modern.

5. Taman

Sebelum Erdogan memimpin Turki, Taman-taman di Turki sangat memprihatinkan, kondisinya rusak dan sangat buruk.

Setelah Erdogan memimpin Turki, dilakukan perbaikan besar-besaran terhadap taman-taman di Turki agar lebih bersih dan modern, ditambah lagi fasilitas tambahan seperti permainan anak dan sarana olah raga.

BACA JUGA:  Pengaruh Revolusi Industri Terhadap Timbulnya Kolonialisme di Indonesia

6. Transportasi

Sebelum Erdogan memimpin Turki, sarana Transporastasi Turki sangat buruk dan memprihatinkan. Moda transportasi sudah sangat lama, terlihat dari bus, kereta api dan kapal lama yang masih terus digunakan. Ditambah kemacetan Turki yang semakin memperparah keadaan.

Sesudah Erdogan memimpin Turki, perbaikan besar-besaran terhadap transportasi Turki, terjadi modernisasi transportasi turki seperti bus, Kereta api yang melintas dibawah laut (Marmaray), kapal, jalur jogging, jalur khusus sepeda, bahkan jalur khusus penyandang cacat juga disediakan.

Sistem transportasi diperbaiki total, sehingga kemacetan dapat diatasi.

Dan masih banyak lagi prestasi yang dilakukan Erdogan sejak memimpin Turki, sebelumnya menjadi Perdana Menteri dan saat ini menjadi Presiden Turki. Prestasi yang telah dikerjakan Erdogan dalam memimpin Turki menjadi sangat wajar jika masyarakat Turki rela berkorban nyawa demi membela Erdogan melawan kudeta militer.

Erdogan dikenal oleh masyarakat Turki yang memiliki kepribadian sangat sederhana. Jika siapapun ingin makan atau minum secangkir kopi, Erdogan tidak pernah menolak.

Loading...