Manfaat Jamur Golongan Zygomycota

ASTALOG.COM – Zygomicota (merupakan salah satu jenis keluarga jamujr atau fungi yang hidup di darat. Zygomicota merupakan salah satu jamur yang tidakboleh dimakan dan dikonsumsi, karena berbahaya dan mengandung racun bagi tubuh anda. zigomicota masuk ke dalam kelas phycomycetes alias enis jamur ganggang.

Jamur ini memiliki beberapa ciri, yaitu:

– Hifa yang tidak memiliki sekat
– Memilikki sel dengan inti yang banyak (coenocytic)
– Hidup di darat dan di dalam tanah
– Berkembangbiak dengan memanfaatkan zigospora
– Bisa juga tumbuh pada organisme yang sudah membusuk

Itulah beberapa gambaran singkat mengenai jenis jamur zygomicota. Jenis jamur ini sendiri terdiri dari banyak jenis atau spesies yang tersebar. Namun demikian hanya sedikit jenis dan spesies dari zygomycota yang sering ditemui dalam kehidupan sehari – hari. Dari beberapa spesies zygomicota beberapa di antaranya memiliki beberapa manfaat, meskipun tidak dapat dikonsumsi secara langsung.

Nah, apa saja manfaat jamur zygomicota?

Berikut ini adalah beberapa manfaat jamur zygomycota, dilansir dari laman Manfaat.co.id:

1. Bersimbiosis mutualisme dengan akar tanaman

Manfaat Jamur ZygomycotaTidak semua jamur memiliki fungsi dan manfaat yang buruk bagi lingkungan sekitarnya. Buktinya adalah jamu zygomycota ini. Jamur ini memiliki fungsi dan manfaat yang baik, terutama ketika menempel dan hidup pada akar tanaman sebai inang atau induknya.

Ketika tumbuh dan hidup pada inang, maka tercipta lah suatu simbiosis mutualisme, dimana jamur ini akan menyerap nutrisi dari akar tumbuhan, dan kemudian jamur ini juga akan membantu mengoptimalkan penyerapan air dan mineral di dalam tanah, sehingga dapat tercipta cadangan air tanah yang lebih optimal dibandingkan tidak adanya jamur ini. Dengan optimalnya cadangan dan penyerapan air tanah, maka daerah vegetasi tersebut tidak akan mengalami kekeringan dan kekurangan air, yang merupakan salah satu sumber utama dari kehidupan.

2. Sebagai bahan pembuatan tempe

Manfaat jamur yang paling terkenal salah satunya adalah untuk membuat tempe. Siapa yang tidak mengenal tempe? Tempe merupakan salah satu olahan kedelai yang sangat tinggi manfaatnya bagi tubuh. Tempe dibuat dengan cara memfermentasikan kedelai dengan unsur tertentu sehingga pada akhirnya terbentuklah tempe yang kita kenal dan sering kita konsumsi saat ini.

Salah satu unsur yang digunakan dalam produksi tempe ialah jamur zygomicota ini. Salah satu jenis jamur ini, yaitu rhizopus oryzae merupakan salah satu jenis jamur yang berperan penting dalam pembentukan dan produksi dari tempe yang kita makan sehari – hari. Manfaat tempe yang semakin terkenal di masyarakat membuat jamur pun lebih terkenal.

3. Sebagai bahan pembuatan tape

Tape atau yang sering kita kenal dengan istilah peyeum merupakan hasil dari olahan singkong yang diberikan sejenis ragi untuk kemudian mengalami proses fermentasi, sehingga dapat menghasilkan tekstur yang manis, dan lezat seperti tape yang sering kita temui di pasar – pasar tradisional. Salah satu jenis unsur yang terdapat pada ragi yang membantu proses fermentasi dari singkkong menjadi tape adalah jenis jamu zygomicota, yaitu Mucor Javanicus. Jenis ini merupakan jamur yang terkandung pada ragi yang biasa digunakan untuk memfermentasikan singkong menjadi tape. (Baca : Manfaat tape singkong)

4. Mematangkan buah

Salah satu manfaat lain dari zygomicota ialah mampu membantu proses pematangan dan pemasakan buah agar menjadi lebih nikmat dan lezat untuk disantap. Adalah jamur zygomicota dengan jenis Rhizopus Nigricans yang berfungsi untuk menjalankan tugas ini. Jamur jenis ini akan menghasilkan suatu asam fumarat yang pada dasarnya akan membantu proses pematangan pada buah – buahan, baik yang masih berada di pohon ataupun buah – buahan yang dipetik dalam keadaan mentah atau setengah matang, yang sering kita kenal dengan istilah mengkel.

5. Asam laktat

Zygomicota juga memiliki manfaat lain yang cukup penting, yaitu mampu menghasilkan asam laktat. Rhizopus Nodousus merupakan spesies zygomicota yang memiliki fungsi untuk menghasilkan asam laktat

6. Sebagai pengurai kotoran ternak

Kotoran ternak merupakan salah satu limbah yang sangat mengganggu kehidupan sehari – hari, karena baunya yang sangat tidak sedap. Biasanya, kotoran ternak yang tidak diurus dan dibersihkan selama beberapa hari akan tumbuh sejenis jamur. Inilah jamur zygomicota yang berjenis Mucor Mucedo. Mucor mucedo tumbuh pada kotoran ternak yang tidak dibersihkan dalam waktu beberapa hari, dan akan membantu menguraikan kotoran ternak tersbut hingga akhirnya tidak mengganggu kebersihan lingkungan sekitar.

7. Sebagai pengurai makanan kadaluarsa

Pernahkah anda menyimpan roti yang sudah kadaluarsa dan tidak layak konsumsi? Perhatikanlah, pasti akan muncul bintik-bintik jamur pada permukaan roti yang sudah kadaluarsa tersebut. Itulah salah satu kegunaan dari zygomicota. Jenis jamur ini akan membantu proses penguraian jenis – jenis makanan yang sudah melewati masa kadaluarsa, alias sudah mengalami pembusukan. Dengan adanya penguraian yang dilakukan oleh zygomicota ini, maka proses penguraian dapat terjadi, dan jenis makanan yang sudah membusuk tidak akan menimbulkan bau dan mengganggu lingkungan sekitar anda.

8. Bahan pembuatan minuman beralkohol

Anda suka mengkonsumsi minuman beralkohol, seperti bir atau wine? Ya, salah satu jenis jamur yang dimanfaatkan untuk pembuatan minuman beralkohol yang ada di pasaran saat ini adalah jenis jamur zygomicota. Jenis jamur ini memiliki peran sebagai alat fermentasi yang dibutuhkan dalam pembuatan wine dan bir yang biasa anda konsumsi.

Itulah beberapa manfaat jamur zygomicota bagi kehidupan kita sehari – hari. Namun perlu diperhatikan, walaupun memiliki banyak manfaat, jenis jamur ini juga memiliki beberapa kerugian, berikut ini beberapa kerugiannya:

– Membuat makanan menjadi busuk
– Memberikan efek halusinasi
– Beracun bagi tubuh jika terkonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak.
– Bersifat karsinogenik

PELAJARAN YANG BERKAITAN