Bagian-bagian pada Mata Manusia

Loading...

ASTALOG.COM – Mata merupakan organ yang bereaksi terhadap cahaya dan memiliki beberapa kegunaan. Sebagai alat indera, mata pada manusia berfungsi  untuk penglihatan. Dalam hal ini, sel batang dan kerucut pada retina mata memungkinkan persepsi cahaya sadar dan penglihatan seperti diferensiasi warna dan persepsi kedalaman. Perlu diketahui bahwa mata manusia dapat membedakan sekitar 10 juta warna. Sementara itu , sel-sel ganglion fotosensitif non pembentuk gambar pada retina mata manusia menerima sinyal cahaya yang mempengaruhi penyesuaian ukuran pupil, regulasi dan penekanan hormon melatonin, dan pengiringarusan jam tubuh.

BAGIAN-BAGIAN PADA MATA MANUSIA

1. Bagian (Organ) Luar

Bagian atau organ luar pada mata manusia dapat dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Bulu mata berfungsi menyaring cahaya yang akan diterima.
  2. Alis mata berfungsi menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.
  3. Kelopak mata berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata.
BACA JUGA:  2 Contoh Benda Yang Memiliki Gaya Pegas

2. Bagian (Organ) Dalam

Bagian atau organ dalam pada mata manusia akan bekerja sama dalam menghantarkan cahaya dari sumbernya menuju ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf. Bagian-bagian tersebut adalah:

  1. Kornea merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya yang berfungsi untuk melindungi bagian sensitif di belakangnya, serta membantu mata memfokuskan bayangan pada retina.
  2. Sklera merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih. Tebalnya sekitar 1 milimeter. Tetapi pada irensi otot, bisa menebal menjadi sekitar 3 milimeter.
  3. Pupil merupakan organ dalam mata yang berfungsi dalam menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Dalam hal ini, pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh selaput pelangi di sekelilingnya.
  4. Selaput Pelangi  berfungsi sebagai diafragma. Selaput pelangi inilah yaang terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.
  5. Lensa Mata merupakan organ dalam mata yang menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Lensa mata berfungsi untuk mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal.
  6. Retina (Selaput Jala) merupakan bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya akan diteruskan ke saraf optik.
  7. Saraf Optik merupakan saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.
BACA JUGA:  Apa Contoh dari Fototropisme?

 

Loading...