Sebutkan Ciri Jaringan Adiposa

ASTALOG.COM – Jaringan adiposa adalah jaringan yang tersusun atas lipid atau lemak; Jaringan adiposa dapat disebut sebagai suatu penunpukan lemak pada organisme. Jaringan penghubung yang sel sel nya mengandung lemak berbentuk bulatan-bulatan besar.

Jaringan adiposa dapat anda temukan diseluruh tubuh anda. Hal ini logis karena lemak berfungsi dalam menjaga kestabilan suhu tubuh agar tubuh tidak kedinginan. Terletak dibawah kulit atau disebut sebagai lemak subkutan dan disekitar organ internal disebut lemak visceral.

Semua mamalia memiliki baik adiposa putih dan cokelat. adiposa Putih adalah sel lemak khas disebut adiposit. Adiposit mengandung tetesan lipid yang mengisi bagian tengah sel dan tertanam oleh serat kolagen. Sel-sel lemak coklat yang lebih kecil dalam ukuran dan kuantitas, dan memperoleh warna dari konsentrasi tinggi mitokondria untuk produksi energi dan vaskularisasi jaringan. Lipid dalam lemak coklat yang dibakar untuk memberikan tingkat tinggi energi sebagai panas pada hewan yang berhibernasi dan bayi yang mungkin membutuhkan perlindungan termal tambahan.

Jaringan adiposa juga dapat ditemukan di antara otot, jaringan payudara dan dalam sumsum tulang anda. Jaringan adiposa paling banyak ditemukan di bagian pantant dan payudara untuk wanita dan untuk lelaki diwilayah pantat. Bagi penderita obesitas, jaringan lemak atau adiposa berada dalam jumlah berlebih.

Jaringan adiposa membentuk lapisan tebal di bawah kulit, di sekitar ginjal dan di bagian bokong.
Secara umum, ditemukan di lokasi yang sama di seluruh tubuh sebagai jaringan ikat areolar.

Contoh spesifik lokasi jaringan adiposa meliputi:

1. Lapisan subkutan dalam kulit
2. Sekitar jantung
3. Sekitar ginjal
4. Sumsum kuning dari tulang panjang
5. Bantalan sekitar sendi
6. Di dalam soket mata, posterior bola mata.

Struktur Jaringan Adiposa
Jaringan adiposa adalah jaringan ikat fibrosa longgar dikemas dengan banyak sel (disebut “adiposit”) yang khusus untuk penyimpanan trigliserida atau lebih sering disebut sebagai “lemak”.

Setiap sel adiposit diisi dengan tetesan besar trigliserida tunggal (lemak). Karena ini menempati sebagian besar volume sel, sitoplasma, nukleus, dan komponen lainnya didorong ke arah tepi sel yang dibatasi oleh membran plasma (juga dikenal sebagai “membran sel”).

Fungsi Jaringan Adiposa
Fungsi dari jaringan adiposa, antara lain:

1. Jaringan adiposa bertindak sebagai lapisan isolasi, membantu mengurangi kehilangan panas melalui kulit.
2. Jaringan adiposa juga memiliki fungsi perlindungan, memberikan perlindungan mekanik (“bantalan”) dan dukungan di beberapa organ utama, misalnya ginjal.
3. Jaringan adiposa juga sarana penyimpanan energi.
4. Makanan yang berlebih diubah menjadi lemak dan disimpan dalam jaringan adiposa dalam tubuh.

PELAJARAN YANG BERKAITAN