Bahaya Keracunan Timbal

Loading...

ASTALOG.COM – Dampak bahaya keracunan timbal memang cukup mengerikan dan tidak terasa dapat mengerogoti kesehatan tubuh. Logam Pb atau yang kita kenal dengan timbal merupakan sejenis logam lunak yang terdapat di kerak bumi. Timbal dengan kadar kecil bisa menyebar ke alam melalui proses geokimia atau letusan gunung berapi. Timbal ini sama bahayanya dengan merkuri yang merupakan jenis logam berat.

Sumber Pencemaran Timbal

Menurut Halosehat.com, timbal yang tercemar adalah akibat dari ulah manusia sendiri. Di mana manusia melakukan eksploitasi terhadap logam tersebut. Penggunaan timbal dapat dilihat dalam bentuk sebagai berikut: baterai, amunisi, bahan pipa (perpipaan), dan sebagainya. Sementara penyerapan timbal ke dalam tubuh manusia dapat lewat udara, makanan, air, dan debu. Lewat udara, timbal bisa ditemukan pada asap kendaraan bermotor. Limbah buangan kendaraan bermotor (transportasi darat) tersebut menghasilkan gas pencemar udara yang berupa karbondioksida, hidrokarbon, SO2, NOx, tetraethyl lead, yang termasuk bahan timbal yang telah dicampurkan ke dalam bahan bakar dengan kualitas rendah, gunanya adalah agar nilai oktan menurun (menurunkan nilai oktan).

Tentang Timbal

Logam Pb atau timbal merupakan jenis logam berbahaya. Logam ini memiliki titik didih 1740oC, sementara untuk titik lelehnya adalah 327,5oC. Warna dari logam lunak ini terkadang abu-abu atau kebiru-biruan. Logam yang sangat beracun seperti merkuri ini memiliki nomor atom 82. Timbal ada dalam beberapa isotop : 204Pb (1,4%), 206Pb (24,1%), 207Pb (22,1%), dan 208Pb (52,4%). Logam timbal sering ditambah (campuran) dengan cairan yang sifatnya korosif sebagai contohnya yaitu asam sulfat. Karena logam timbal/Pb sangat tahan korosi. Tertimbunnya timbal di tulang atau jaringan halus lainnya dalam jangka waktu panjang dapat berakibat pada rusaknya sistem saraf.

BACA JUGA:  Jelaskan Proses Terbentuknya Sel Sperma

Selain itu timbal juga bisa menyebabkan keracunan, lho. Apa saja dampak keracunan timbal bagi tubuh manusia? Berikut penjelasannya.

Dampak Keracunan Timbal

– Jumlah sel darah merah menurun;
– Logam Fe di plasma darah bertambah;
– Kadar ALAD (Amino levulinic Acid Dehidrase) atau asam amino levulinat dehidrase dalam urin juga darah makin meningkat;
– Umur sel darah merah jadi pendek;
– Kadar protopporhin di sel darah merah jadi bertambah (meningkat).

Bahaya Keracunan Timbal

Mencemari Makanan. Di negara Chili pernah ditemukan bahwa batu penggilingan yang terdapat di pabrik tepung sudah berlapis timbal. Hal ini mengakibatkan tepung jadi terkontaminasi oleh timbal.

Racun Timbal Bagi Orang yang Memakan Daging Hewan. Berburu memakai amunisi (peluru timah) , ketika kita konsumsi daging hewan hasil buruan maka dapat mengalami keracunan timbal juga. Karena peluru yang bersarang pada daging hewan buruan mampu mengalirkan racun sehingga daging itu jadi tercemar.

BACA JUGA:  Sebutkan Macam-macam Birama

Mencemari Mainan Anak. Menurut penelitian, ternyata timbal ditemukan dalam cat yang dipakai pada mainan-mainan plastik.

Berpengaruh Terhadap Ibu Hamil. Timbal adalah logam yang berbahaya bagi tubuh. Apa jadinya jika timbal meracuni wanita hamil? Timbal dapat masuk lewat plasenta dan mempengaruhi janin dalam kandungan. Sehingga berkibat pada berat badan bayi lahir rendah, juga perkembangannya terlambat. Untuk wanita hamil beresiko kena anemia dan dapat pula tekanan darah tinggi.

Disfungsi Ereksi. Terpaparnya logam timbal ini pun menyumbang dalam meningkatnya kasus disfungsi ereksi.

Beracun Bagi Hewan. Penelitian terhadap racun timbal (keracunan karena logam Pb) ini tak hanya sebatas pada manusia saja, melainkan juga hewan. Contonya adalah keracunan timbal dapat terjadi pada kucing. Memang gejala keracunan pada hewan ini tidak tampak (samar/kurang jelas).

Menyebabkan Skizofrenia. Terpaparnya timbal tersebut dapat mempengaruhi daerah otak yang erat kaitannya dengan skizofrenia.

Efek Timbal Terhadap Kesehatan Tubuh

– Berpengaruh terhadap fungsi kognitif;
– Menurunnya kemampuan belajar;
– Postur tubuh jadi pendek;
– Pendengaran menurun;
– Berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang/turunnya kecerdasan;
– Merusak ginjal;
– Merusak sistem saraf;
– Mempengaruhi reproduksi;
– Tekanan darah tinggi;
– Berpengaruh terhadap perkembangan otak;
– Ibu hamil dapat mengalami anemia;
– Mempengaruh janin karena timbal dapat masuk lewat plasenta dan sifat timbal mampu meracuni organ.

BACA JUGA:  Kegunaan Sumber Daya Alam Hayati dan Non-Hayati

Dari banyaknya efek timbal yang ada, dapat disimpulkan bahwa efek timbal dibagi ke dalam 3 kelompok, diantaranya:

1. Efek Timbal Pada Reproduksi

Paparan timbal berdampak pada reproduksi pria dan juga wanita. Pada jaman dahulu timbal pernah dipakai untuk menggugurkan kandungan. Wanita hamil yang terpapar timbal saat kehamilannya, bisa meningkatkan resiko keguguran, bayi lahir prematur, bayi meninggal di dalam kandungan. Sedangkan dampak terpaparnya timbal pada pria adalah dapat menurunkan jumlah dari sperma.

2. Efek Timbal Pada Sistem Saraf dan Kecerdasan

Gejala terpaparnya logam Pb ini diantaranya dapat mengurangi nafsu makan (nafsu makan hilang), pelupa, kelelahan, pusing, depresi, menurunnya kecepatan dalam reaksi dan konduksi saraf. Sementara menurut penelitian, efek yang ditimbulkan timbal terhadap anak-anak yaitu dapat menurunkan kecerdasan (IQ).

3. Efek Sistemik

Timbal di sini dapat memicu peningkatan tekanan darah, anoreksia, muntah, kram, mual, turunnya berat badan, sakit perut, dan konstipasi.

Loading...