Nama Ibu Kota Inggris

ASTALOG.COM – Sudah menjadi hal yang diketahui secara umum dan meluas bahwa ibu kota Inggris atau Britania Raya adalah London. Sebagai ibukota dari negara yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional, London merupakan zona perkotaan terbesar di Uni Eropa berdasarkan luas wilayahnya. London yang berlokasi di sepanjang Sungai Thames, telah menjadi pemukiman utama selama 2 milenium sejak didirikan oleh Romawi pada abad ke-1 dengan nama Londinium. Kota ini juga masih mempertahankan inti dari London kuno, yaitu City of London.

SEJARAH ASAL USUL NAMA KOTA LONDON

Ditinjau secara historis, sebenarnya asal usul nama kota London belum bisa dipastikan. Namun diduga bahwa namanya merupakan sebuah nama yang sangat kuno dan bisa ditemui dalam beberapa sumber yang berasal dari awal abad ke-2. Nama London tercatat sekitar tahun 121M sebagai Londinium yang diberi oleh penguasa Britania Romawi.

Penjelasan paling awal tentang asal usul nama kota London, dikemukakan oleh Geoffrey dari Monmouth dalam Historia Regum Britanniae. Dalam hal ini dijelaskan bahwa nama kota London dicetuskan oleh Raja Lud yang konon menaklukkan kota ini lalu awalnya menamainya dengan Kaerlud. Kemudian sejak tahun 1899, secara umum dipercaya bahwa nama London berasal dari bahasa Kelt yang bermakna “tempat milik orang bernama Londinos“. Namun, penjelasan ini pada akhirnya juga ditolak.

Lalu pada tahun 1998, Richard Coates mengemukakan teorinya bahwa nama London berasal dari sebuah kata dalam bahasa Eropa Lama pra-Kelt, yaitu “Lowonida” yang berarti “sungai yang terlalu luas untuk diarungi”. Coates berpendapat bahwa nama ini ditujukan untuk menyebut Sungai Thames yang mengalir melintasi kota London. Dari kata ini, permukiman ini mendapat nama dari bahasa Kelt, yaitu “Lowonidonjon“.

KOTA LONDON SAAT INI

Sejak abad ke-19, nama London juga digunakan untuk menyebut kota metropolitan yang berkembang di sekitar inti kota. Konurbasi dari wilayah-wilayah urban ini pada akhirnya membentuk Region London dan wilayah administratif London Raya. Wilayah ini diatur dan dibawahi oleh Walikota London dan Majelis London yang dipilih melalui pemilihan umum. London adalah kota global terkemuka yang unggul dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi. Adapun kota London saat ini:

  1. Merupakan pusat keuangan terkemuka di dunia dan menjadi kota dengan PDB terbesar ke-5 di dunia atau yang tertinggi di Eropa.
  2. Merupakan pusat kebudayaan dunia, sehingga menjadi kota yang paling sering dikunjungi dan tercatat sebagai kota dengan bandar udara tersibuk di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang internasional.
  3. Merupakan kota dengan konsentrasi pendidikan tinggi terbesar di Eropa yang ditandai dengan tingginya minat sejumlah mahasiswa untuk berkuliah di sejumlah universitas di London.
  4. Menjadi kota pertama yang telah menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade Musim Panas Modern sebanyak 3 kali yang dimulai pada tahun 2012.
  5. Terdiri dari beragam masyarakat dan budaya dengan lebih dari 300 bahasa dituturkan oleh berbagai etnis. Pada bulan Maret 2011, London tercatat berpenduduk sebanyak 8.174.100 jiwa, atau sekitar 12,5% dari populasi Britania Raya secara keseluruhan. Hal ini menjadikan London sebagai kota terbesar di Uni Eropa menurut jumlah populasi.
  6. Merupakan kawasan urban terbesar ke-2 setelah Paris di Uni Eropa dengan jumlah penduduk sekitar 8.278.251 jiwa, sedangkan kawasan metropolitan London adalah yang terbesar di Uni Eropa dengan populasinya yang diperkirakan mencapai 12 hingga 14 juta jiwa.
  7.  Memiliki jaringan kereta api bawah tanah tertua di dunia, yaitu London Underground, serta yang terluas ke-2 setelah Shanghai Metro.

LONDON SEBAGAI PUSAT KEBUDAYAAN DUNIA

1) Situs Warisan Dunia (World Heritage)

  1. The Tower of London
  2. The Royal Botanical Garden Kew
  3. Kompleks situs bersejarah yang terdiri dari: Westminster Palace, Westminster Abbey, dan St. Margaret’s Church
  4. Pemukiman bersejarah Greenwich (tempat Observatorium Kerajaan yang menandai meridian utama, yaitu 0° garis bujur dan GMT).

2) Land Mark

  1. Buckingham Palace
  2. London Eye
  3. Santo Paulus Catedral
  4. Piccadilly Circus
  5. Tower Bridge
  6. London Bridge
  7. Wembley Stadium
  8. Trafalgar Square

London juga merupakan lokasi dari berbagai museum, galeri, perpustakaan, acara olahraga, dan institusi kebudayaan lainnya, termasuk: British Museum, British Library, National Gallery, National Maritime Museum, Tate Modern, Wimbledon, dan West End Theatre.

 

PELAJARAN YANG BERKAITAN