5 Gunung Tertinggi di Pegunungan Himalaya

Loading...

ASTALOG.COM – Pegunungan Himalaya menjadi pegunungan yang sangat terkenal dengan puncaknya yang tinggi. Himalaya terdiri dari barisan pegunungan di Asia yang memisahkan anak benua India dari Dataran tinggi Tibet. Himalaya menjadi tempat gunung-gunung tertinggi di dunia. Secara etimologi, Himalaya berarti “tempat kediaman salju” yang diambil dari bahasa Sanskerta, dimana “hima” berarti “salju” dan “aalaya” berarti “tempat kediaman“. Adapun 5 gunung tertinggi di pegunungan himalaya adalah:

1) Gunung Everest (Mount Everest)

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia yang diukur dari paras laut dengan ketinggian puncaknya sekitar 8.850 m. Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; dimana puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti “Kepala Langit“. Sementara itu nama Everest didapatkan dari nama Sir George Everest yang saat itu menjabat sebagai surveyor general India berkebangsaan Inggris.

BACA JUGA:  Komoditas Impor Indonesia

Walaupun terdapat variasi dari segi ukuran, baik dari pemerintah Nepal maupun Cina, namun ketinggian Puncak Everest masih dianggap sekitar 8.850 m. Saat diukur pertama kali di tahun 1856, gunung ini mempunyai ketinggian 8.839 m namun dinyatakan sebagai 8.840 m. Tambahan 0,6 m menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS). Dan gunung Himalaya masih akan terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik di kawasan tersebut.

2) Gunung K2

K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia yang terletak di bagian Karakoram, Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Tiongkok. Gunung ini juga merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi pegunungan ini mencapai sekitar 8,611 m. Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang buruk. Ditambah lagi lingkungan sekitar K2 yang lebih terjal dibandingkan Everest, sehingga gunung ini dijuluki “pegunungan kejam”. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang telah meninggal ketika mencoba mendakinya.

BACA JUGA:  Kebaikan dan Kelemahan Budaya Demokrasi dan Budaya Otoriter

3) Gunung Kangchenjunga

Kangchenjunga merupakan gunung tertinggi ke-3 di dunia dengan ketinggian sekitar 8.586 m. Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti “5 Harta Karun Salju“, karena terdiri dari 5 puncak, 4 diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. 3 dari 5 puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung.

4) Gunung Lhotse

Lhotse merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 8.516 m dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest. Orang pertama yang mendaki gunung ini adalah Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada 18 Mei 1956.

BACA JUGA:  Proses Metamorfosis Serangga

5) Gunung Makalu

Makalu merupakan gunung tertinggi ke-5 di dunia dengan ketinggian sekitar 8485 km. Gunung ini terletak 19 km (12 mil) di tenggara gunung Everest, di perbatasan antara Nepal dan Tiongkok. Gunung Makalu memiliki puncak terisolasi yang bentuknya piramida 4 sisi. Makalu memiliki 2 anak perusahaan puncak terkenal. Puncak utama yang berketinggian sekitar 8485 km, dan Kangchungtse atau Makalu II dengan ketinggian sekitar 7678 m yang terletak sekitar 3 km (2 mil) di utara-barat laut dari puncak utamanya.

 

Loading...