Kota-kota di Sekitar Gunung Mont Blanc

ASTALOG.COM Mont Blanc  atau Monte Bianco dikenal juga sebagai ‘gunung putih’ atau La Dame Blanche (the White Lady) yang merupakan salah satu gunung dari pegunungan Alpen di benua Eropa, sekaligus menjadi gunung tertinggi di kawasan Eropa Barat dengan ketinggian sekitar 4.810 meter atau 15.780 kaki. Mont Blanc terletak di sebagian wilayah Perancis dan wilayah Italia, namun pemerintah Perancis bersikeras dengan pernyataannya bahwa puncak gunung ini berada di dalam area wilayahnya; bahkan di beberapa peta negara Perancis, area gunung ini dimasukkan sepenuhnya ke dalam wilayah negara Perancis. Dalam sebuah konvensi antara Perancis dan Kerajaan Sardinia di Turin pada tahun 1861, ditetapkan perbatasan di puncak gunung Mont Blanc.

Di tahun 1957, dibangunlah terowongan Mont Blanc dan selesai pada tahun 1965. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 11,6 kilometer (7,25 mil), yang menghubungkan 2 kota di sekitar Mont Blanc dan merupakan rute transportasi utama jalur trans-Alpine. Warna putih pada Mont Blanc disebabkan oleh salju yang turun di gunung ini. Itulah sebabnya gunung ini menjadi terkenal sebagai tempat untuk kegiatan olah raga mendaki gunung dan ski. Mont Blanc pertama kali didaki pada 8 Agustus 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Paccard. Sementara itu, Marie Paradis menjadi wanita pertama yang mencapai puncaknya pada tahun 1808.

KOTA-KOTA DI SEKITAR GUNUNG MONT BLANC

1. Chamonix, Haute-Savoie di Perancis

Chamonix adalah sebuah kota di departemen Haute-Savoie di region Rhone-Alpes yang terletak di sebelah tenggara Perancis. Kota ini merupakan tuan rumah penyelenggara Olimpiade Musim Dingin pertama pada tahun 1924. Chamonix berpenduduk sekitar 9.800 jiwa dan menempati peringkat ke-865 di Perancis.

Chamonix terletak di dataran tinggi Aiguilles Rouges, dan berbagi wilayah gunung Mont Blanc dengan kota tetangganya, yaitu Courmayeur di Italia. Chamonix juga dijuluki sebagai kota tertinggi di Perancis. Kota ini dikenal karena wilayahnya yang sering dijadikan tujuan oleh para pemain ski dan pendaki gunung. Dengan luas wilayah sekitar 245 km2, Chamonix menjadi kota terbesar ke- di Perancis.

2. Courmayer, Valle d’Aosta di Italia

Courmayeur adalah sebuah kota ski di wilayah lembah Valle d’Aosta Italia yang terletak di kaki gunung Mont Blanc. Kota ini terletak di sisi tenggara gunung Mont Blanc, yang merupakan bagian dari pegunungan Alpen yang menempati sebagian wilayah Perancis, Italia, dan Swiss. Kota Courmayeur terletak di bagian pegunungan Alpen yang dikenal sebagai Pennine Alpen.

Kota ini terletak di lembah Valle d’Aosta yang terkenal karena pemandangannya yang mengagumkan, seperti bangunan kastilnya, gerejanya, dan sejarah yang lama sampai Kekaisaran Roma. Ditambah lagi pemandangan gunung yang indah dan udara gunung yang sehat membuat Courmayeur menjadi salah satu kota incaran turis. Kota ini juga menjadi tempat bermain ski paling terkenal di Eropa. Tidak hanya di musim dingin, Courmayer juga terkenal di musim panas sebagai tempat hiking atau bersantai.

Gunung lain yang juga mengelilingi Courmayeur adalah Mont Chetif. Gunung ini merupakan tempat yang mudah untuk hiking dan saat berada di puncaknya, kita bisa melihat pemandangan kota. Courmayeur terhubungkan dengan Italia barat laut, yaitu sekitar 220 km dari kota Milan. Terowongan Mont Blanc yang menghubungkannya dengan Perancis terletak sekitar 200 km dan Jenewa, Swiss terletak sekitar 180 km. Semuanya dapat dicapai dalam beberapa jam.

 

 

 

PELAJARAN YANG BERKAITAN