Perang Bani Musthaliq

Loading...

ASTALOG.COM – Para ulama’ tarikh berbeda pendapat tentang kapan terjadinya perang bani mustholiq, sekurangnya ada 3 pendapat, seperti dilansir dari laman Elfatawa.blogspot.co.id:

– Ibnu ishaq meyebutkan perang bani mustoliq terjadi pada bulan sya’ban tahun 6 hijriyah, diantaranya yang berpendapat terjadi pada tahun 6 hijriyyah adalah ibnu jarir attobari, ibnu hazm, ibnu abdil barr, ibnul ‘arobi, ibnu atsir, ibnu khloldun rohimahumullah.

– Para ulama’ tarikh juga berpendapat bahwa perang bani mustholiq terjadi pada tahun 5 hijriyah di antaranya adalah ibnu qutaibah, imam ad dzahabi, ibnu qoyyim, ibnu katsir, ibnu hajar al asqolany dll rohimahumullah. Pendapat ini di perkuat dengan keikutsertaan Sa’ad bin Muadz dalam peperangan ini. Sa‘ad bin Muadz meninggal pada perang bani quraidlah akibat luka yang dideritanya pada perang khandaq. Perang bani quraidlah terjadi pada tahun kelima hijriyah bagaimana mungkin Sa‘ad masih hidup setahun setelah kematiannya.

– Namun juga ada yang berpendapat perang terjadi pada tahun 4 hijriyah di antaranya adalah ibnu mas’udi.

BACA JUGA:  Properti yang Digunakan Dalam Tarian Tani

Adapun pendapat yang paling valid dan rojih belum diketahui oleh penulis, wallahualam.

Sebab-Sebab Terjadinya Perang

– Bani mustholiq termasuk daftar merah target operasi kaum muslimin karena diketahui ikut serta dalam perang uhud melawan kaum muslimin di bawah bendera kaum kafir quraisy.

– Nabi saw mendengar bahwa Bani Musthaliq telah berkumpul di bawah pimpinan Harits bin Dlirar untuk menyerang Nabi saw. Tidak lama setelah mendengar berita ini, Rasulullah saw langsung keluar ke arah mereka sampai bertemu di dekat telaga Al-Muraisi, di sinilah terjadi pertempuran sengit sampai Allah swt mengalahkan Bani Musthaliq.

Kronologi Operasi Perang

Para ‘ulama tarikh tidak menyebutkan secara detail dan terperinci tentang kronologi perang bani mustholiq, mereka hanya menyebutkan dalam peperangan ini kaum bani mustholiq kalah telak, di sebutkan pada malam senin bulan sya’ban tahun 5 hijriyah setelah rosulullah SAW menugaskan buroidah bin ushaid untuk memastikan berita bahwa mereka akan menyerang madinah, maka Rosulullah SAW bersama 730 pasukan 30 di antaranya adalah pasukan penunggang kuda bertolak dari madinah menuju bani mustholiq, kemudian terjadi pertempuran sengit yang akhirnya di menangkan kaum muslimin dan rosulullah berhasil mendapatkan ghonimah, dan membawa tawanan baik wanita maupun anak anak. Namun dalam riwayat lain di sebutkan tidak ada peperangan kaum muslimin hanya merampas barang harta mereka, setelah mereka terlena dengan air dan minum sebanyak banyaknya maka kamum muslimin memerangi mereka, berhasil membawa tawanan, di antara tawanan tersebut adalah juwairiyyah binti harits putri pembesar bani mustholiq.

BACA JUGA:  Kasus Bubarnya Uni Soviet dan Yugoslavia

Disebutkan dalam riwayat bahwa sebelumnya bani mustholiq telah diseru untuk masuk islam namun menolak mentah ajakannya.

Loading...