Keunggulan Letak Indonesia

ASTALOG.COM – Sebagai negara yang terletak di garis  khatulistiwa, Indonesia memiliki banyak keunggulan karena letaknya itu. Tentu saja letak Indonesia itu berpengaruh pada konfisi iklim, geostrategis, serta kondisi tanah. Tentu saja hal ini akan berlanjut pada pengaruhnya di bidang kehidupan lainnya, seperti kegiatan pertanian, ekonomi, transportasi, komunikasi, dan masih ada lainnya. Lalu apa saja yang membuat Indonesia unggul karena memiliki posisi yang strategis? Berikut uraiannya:

1. Keunggulan Letak Indonesia yang Mempengaruhi Kondisi Iklim

Letak Indonesia yang berada tepat di garis khatulistiwa membuat Indonesia dipengaruhi oleh angin musim (muson) yang memiliki keunggulan di antaranya adalah temperaturnya yang tidak terlalu ekstrim (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin). Di samping itu, iklim muson tropis yang ada di Indonesia membuatnya mengalami musim penghujan dan musim kemarau yang senantiasa berganti setiap 6 bulan sekali. Keadaan ini membuat masyarakat Indonesia dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun.

Tentu saja hal ini berbeda dengan beberapa negara lainnya, misalnya di negara-negara kawasan benua Eropa dan Australia. Pada saat musim dingin, kegiatan perekonomian di kawasan negara tersebut akan terasa lebih sulit untuk dijalankan. Namun karena kondisinya yang menguntungkan membuat beberapa orang menjadi malas karena tidak adanya tantangan cuaca yang berat.

2. Keunggulan Letak Indonesia yang Mempengaruhi Kondisi Geostrategis

Keunggulan letak geostrategis Indonesia berkaitan dengan letak Indonesia yang berada di antara 2 benua, yaitu benua Asia dan Australia, serta di antara 2 samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Tentu saja ini adalah letak yang strategis karena berada di persimpangan lalu lintas perdagangan internasional. Dalam hal ini kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh bangsa-bangsa di dunia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Jalur perdagangan ini meliputi wilayah darat, laut, dan udara.

3. Keunggulan Letak Indonesia yang Mempengaruhi Kondisi Tanah

Letak Indonesia telah menjadikan kondisi tanahnya yang subur karena banyaknya gunung-gunung berapi yang ada di Indonesia. Saat gunung berapi meletus, maka letusannya itu dapat menyuburkan tanah di sekitarnya. Hal ini karena letusannya akan menyemburkan abu vulkanis sebagai penyubur kembali tanah yang kurang subur. Apabila kondisi tanah subur, maka akan mengakibatkan berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Kondisi tanah yang subur, iklim yang tropis dengan sinar matahari dan curah hujan yang cukup telah menjadi keunggulan komparatif tersendiri bagi wilayah negara Indonesia. Dengan kata lain, tanah yang subur akan memudahkan untuk ditanami berbagai jenis tanaman yang selanjutnya akan memberikan hasil yang besar jika dijual sehingga akan membantu perekonomian dan mensejahterakan penduduk Indonesia.

Selain itu, kondisi tanah yang subur, serta sinar matahari dan curah hujan yang cukup akan mengakibatkan berbagai jenis hewan dapat hidup dengan baik karena mereka akan mendapatkan tempat tinggal yang lebih baik dengan asupan makanan yang tersedia. Itulah sebabnya Indonesia memiliki banyak jenis hewan yang bisa diternakkan untuk kedepannya menjadi sumber pangan yang layak bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

PELAJARAN YANG BERKAITAN