Sistem Pertahanan Diri Burung Hantu

Loading...

ASTALOG.COM – Burung hantu adalah hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari, saat burung hantu berburu di malam hari mereka menggunakan sayap dan cakarnya untuk menangkap mangsa. Namun pada siang hari burung hantu juga memiliki pemangsa, sehingga mereka melakukan kamuflase atau bersembunyi untuk melindungi diri dari predator.

Burung hantu sangat baik dalam beradaptasi dan berbaur dengan lingkungan sekitar mereka. Burung hantu juga dapat menyusutkan tubuhnya dan masuk ke dalam lubang-lubang yang ada di pohon untuk menyembunyikan dirinya. Kamuflase dilakukan burung hantu untuk dapat tetap bertahan hidup.

Berikut adalah 15 cara menyembunyikan diri burung hantu, seperti dilansir dari laman Satujam.com:

1. Menyembunyikan Diri di Lubang Kayu

Tujuan kamuflase burung hantu adalah menyamarkan diri untuk membuat predator mereka sulit menemukan mereka. Burung hantu dapat memasukkan tubuh mereka kedalam lubang pohon dan terlihat seperti batang pohon biasa.

2. Bulu Burung Hantu Dapat Meniru Warna Lingkungan

Burung hantu tidak seperti bunglon yang dapat mengubah warna kulit mereka menjadi seperti warna lingkungan mereka berada. Namun burung hantu dapat mencari tempat yang memiliki warna yang sama dengan warna bulu mereka. Hal ini sanagt membantu mereka dan membuat mereka dapat bersembunyi dengan baik.

BACA JUGA:  Rumus Kemolaran

3. Burung Hantu Memiliki Warna Bulu Seperti Batang Pohon

Karena burung hantu adalah hewn yang aktif di malam hari, mereka akan tidur di siang hari. Ini membuat mereka mudah untuk ditemukan predator, sehingga burung hantu berkamuflase dengan menyamakan warna bulu mereka seperti warna batang pohon.

4. Bersembunyi di Dekat Batang Pohon

Bulu yang dimiliki oleh burung hantu sangat membantu mereka dalam menyembunyikan diri dari pemangsa di siang hari. Burung hantu dengan warna bulu coklat gelap seperti di atas biasanya lebih senang bersembunyi di dekat batang pohon yang berwarna sama dengan bulunya.

5. Bersembunyi di Antara Ranting-ranting Pohon

Selain warna bulu yang membantu mereka bersembunyi, burung hantu juga memiliki insting yang kuat dalam menemukan tempat-tempat dan elemen-elemen lingkungan yang aman untuk dijadikan tempat bersembunyi seperti di antara ranting-ranting pohon yang telah mengering.

6. Berkamuflase dengan Rumput yang Ada di Tanah

Batang pohon adalah tempat favorit burung hantu untuk bersembunyi, namun mereka juga dapat bersembunyi di tanah, yaitu diantara rerumputan di musim dingin yang memiliki warna yang nyaris sama dengan warna bulu mereka. Sehingga kamu pun akan sulit menemukannya.

7. Masuk ke dalam Lubang Pohon

BACA JUGA:  Tujuan Dibentuknya PBB

Burung hantu dapat masuk ke dalam lubang pohon yang berukuran lebih kecil dari pada ukuran tubuh mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk masuk dan bersembunyi di dalam lubang yang ada di pohon. Namun ini juga dapat membahayakan mereka karena saat predator menemukan mereka, burung hantu tidak dapat melarikan diri.

8. Bersembunyi di Balik Dedaunan

Burung hantu tidak berkamuflase dengan meniru warna daun yang hijau, namun dengan dedaunan yang lebat dapat menutupi tubuh mereka dan meyamarkan mereka dari penglihatan para pemangsa seperti burung elang.

9. Warna Bulu Burung Hantu Seperti Batu Kerikil

Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki burung hantu yang tidak terdapat pada burung lain, ada salah satu jenis burung hantu yang memiliki motif dan warna seperti batu kerikil yang ada di tanah. Predator seperti burung elang akan sulit membedakannya dari atas langit.

10. Burung Hantu Membangun Sarang di Tebing

Kebanyakan burung hantu akan membangun sarang di atas tebing, hal ini dilakukan untuk melindungi anak-anak mereka dari jangkauan predator seperti ular. Warna bulu mereka yang mirip dengan batu tebing juga membuat mereka tidak terlihat oleh pemangsa lain yaitu burung elang.

11. Satu Lubang Berdua

BACA JUGA:  Bagaimana Proses Siklus Karbon ?

Burung hantu biasanya akan bersembunyi secara individu, namun jika menemukan lubang pohon yang cukup besar mereka akan berbagi dengan yang lain. Ternyata hewan seperti burung hantu juga mau untuk berbagi dengan yang lain, biasanya mereka akan berbagi dengan pasangannya.

12. Bersembunyi di Retakan Pohon

Selain lubang pohon, retakan atau patahan pohon yang berwarna lebih terang dari kulit pohon adalah tempat yang sering digunakan burung hantu untuk bersembunyi. Burung hantu yang memiliki warna bulu lebuh terang akan memilih tempat ini untuk bersembunyi di siang hari.

13. Bersembunyi di Pepohonan yang Rindang

Pohon yang tidak terjangkau cahaya matahari adalah tempat yang sangat aman bagi burung hantu untuk bersembunyi, sebab di tempat yang lebih gelap burung hantu dapat berkamuflase dengan lebih baik.

14. Lubang Pohon

Lubang pohon adalah tempat yang aman dan paling disukai oleh burung hantu, terlebih saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh mereka dari cuaca yang ekstrim.

15. Lubang Pohon yang Sangat Kecil

Burung hantu dapat bersembunyi pada lubang pohon yang sangat kecil, jauh lebih kecil dari ukuran tubuh mereka. Sebab yang membuat tubuh burung hantu terlihat besar adalah bulu mereka yang lebat.

Loading...