Cara Menentukan Informasi Indeks Pada Buku

ASTALOG.COM – Indeks buku merupakan bagian penting dari sebuah buku. Indeks ini berfungsi agar kita dapat menemukan istilah yang kita cari dengan sangat mudah karena dalam sebuah indeks semua istilah penting dalam buku sudah tersusun dengan rapi berdasarkan abjad dari A sampai Z.

Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku, iasanya terletak di bagian akhir buku tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Indeks buku memuat nama atau istilah-istilah khusus yang ada di buku beserta petunjuk halamannya (di halaman berapa nama atau istilah itu ada).

Macam-Macam Indeks Buku
Indeks dibedakan menjadi 2 macam, yaitu indeks subjek dan indeks pengarang. Kedua indeks ini memiliki pengertian atau perbedaan yang dapat kita bedakan dengan sangat mudah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.

1. Indeks Subjek, berisi daftar istilah-istilah dalam buku.
2. Indeks Pengarang, berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam buku yang bersangkutan.

Bagian-Bagian IndekS Buku

Sebuah indeks buku dibangun oleh beberapa bagian, diantaranya yaitu indeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan juga nomor halaman dimana nama atau rincian topik tersebut berada. Itu semua merupakan bagian-bagian yang membangun indeks buku. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ini.

1. Indeks nama (pengarang), merupakan susunan atau kumpulan nama-nama orang dalam sebuah indeks. Baca juga artikel aturan penulisan indeks pengarang.

2. Indeks topik (subjek/istilah), merupakan kumpulan subjek atau istilah yang disusun berdasarkan abjad yang istilah tersebut berada dalam buku atau bersangkutan dengan isi buku tersebut. Dalam sebuah buku geografi, indeks topik yang ada biasanya adalah istilah-istilah yang ada kaitannya dengan ilmu geografi.

3. Perincian indeks topik, merupakan istilah-istilah atau subjek yang ada kaitannya dengan subjek yang ada dalam sebuah indeks topik.

4. Nomor halaman, merupakan bagian indeks buku yang bertuliskan nomor-nomor halaman dimana sebuah sebuah istilah itu berada.

Mengenali Informasi dalam Indeks
Membaca memindai merupakan kegiatan membaca cepat untuk keperluan menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari sebuah teks/buku.

Membaca memindai yang sering kamu lakukan adalah membaca kamus, membaca indeks, atau membaca bagian tertentu dari sebuah buku.

Contoh Indeks Buku
Indeks Buku

Aburdene, Patricia, 156
Adams, Henry,132
akronim,120
aktivitas pembelajar,pola ideal,116
akuntan,24
alat-alat belajar,29
Allen, Woody,67
AMBAK (Apa Manfaatnya BagiKu),39
ambang belajar,120,121
analis kreatif,162
analisis, 162 : situasi, 167
antusiasme,23
Amstrong, Louis, 25
arsitek, 24
The Art of Creative Thinking, 179
asosiasi,95:pentingnya,115
Attenbourg, David,26
Churchill, Winston, 24
Columbus, Cristopher, 24, 166
Cortez, 149
The Courage to Create, 166
Covey, Stephen, 39, 145
Csikzentmihalyi, Mihaly, 23
Cuppy, Wil, 163
Curah Gagasan (brainstorming), 182
Darwin, Charles, 26, 178
data, arti, 92

Manfaat dan Tujuan Indeks Buku
Indeks buku bertujuan untuk memberikan informasi letak halaman suatu kata atau istilah tertantu. Selain itu, indeks buku juga dapat berfungsi sebagai alat membaca memindai.

Membaca memindai adalah suatu teknik membaca untuk menemukan informasi dari bacaan secara cepat, dengan cara menyapu kata demi kata dan dan halaman demi halaman secara merata.

Mata bergerak cepat, meloncat-loncat, dan melihat kata demi kata. Setelah menemukan bagian yang dibutuhkan, gerakan mata berhenti. Selanjutnya informasi yang dibutuhkan dicermati.

PELAJARAN YANG BERKAITAN