Apa Yang di Maksud dengan Reboisasi?

Loading...

ASTALOG.COM – Dunia ini semakin kekurangan pohon dan banyak pohon yang ditebangi untuk keperluan manusia. Semakin banyak pohon yang berkurang, semakin banyak pula polusi dan akibat lain yang lebih parah akibat tindakan manusia yang sering merusk alam.

Berikut ini akan kami uraikan mengenai reboisasi dan penghijauan sebagai langkah tepat untuk mengembalikan bumi menjadi hijau kembali.

Pengertian Reboisasi
Reboisasi adalah Tindakan penanaman kembali hutan yang telah gundul akibat di tebang atau akibat bencana alam, reboisasi memiliki tujuan yang sangat mulya untuk peningkatan kualitas hidup manusia melalui peningkatan kualitas sumber daya alam. Dengan kembalinya fungsi hutan maka dapat menghindarkan lingkungan dari polusi udara, kembalinya ekosistem hutan, penyerapan karbondioksida yang optimal dan hasil hutan dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Reboisasi sangat erat kaitannya dengan kata penghijauan, dengan menggalakkan penghijauan maka lingkungan sekitar tempat tinggal akan menjadi sejuk, ketersediaan air tanah akan terjamin dan meningkatnya kesuburan tanah. selain itu Reboisasi juga menurunkan fenomena Global Warming

BACA JUGA:  Jaringan Dasar pada Tumbuhan

Bandingkan bila pegunungan tandus, pinggir jalan tanpa kerindangan pepohonan, tentu saja lingkungan menjadi panas, air tanah untuk kebutuhan pertanian menjadi terbatas, turunnya curah hujan dan rusaknya ekosistem hutan yang dihuni oleh aneka satwa.

Pengertian Reboisasi Menurut Ahli
Ada cukup banyak para ahli yang mencoba menjabarkan arti kata dari reboisasi, salah satunya adalah Manan dan Supriyanto. Mereka menjelaskan bahwa reboisasi adalah suatu kegiatan penghijauan ataupun penanaman di luar kawasan hutan terutama di lahan milik orang dengan tanaman semacam pohon hutan, pohon buah-buahan, tanaman perkebunan dan masih banyak lagi yang lainnnya.

Menurut mereka fungsi dari reboisasi sendiri adalah untuk mengembalikan, memelihara, dan meningkatkan tingkat kesuburan dari tanah dimana kegiatan reboisasi tersebut dilaksanakan. Dari pendapat mereka terlihat bahwa arahan dari reboisasi menurut mereka adalah lahan milik orang saja, tidak termasuk hutan liar dan sebagainya.

BACA JUGA:  Jelaskan Pengertian Aglutinogen atau Antigen

Manfaat Reboisasi
Adapun manfaat reboisasi adalah untuk menjaga keseimbangan alam karena alam butuh penyeimbang agar manusia hidup dengan baik, selain itu reboisasi bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir, akar dari pohon akan melindungi tanah dan menahan air agar tidak turun kebawah dan menyebabkan banjir. Seerta mampu mencegah adanya global warming.

Manfaat Reboisasi atau Penghijauan
Adapun manfaat reboisasi adalah untuk menjaga keseimbangan alam karena alam butuh penyeimbang agar manusia hidup dengan baik, selain itu reboisasi bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir, akar dari pohon akan melindungi tanah dan menahan air agar tidak turun kebawah dan menyebabkan banjir. Seerta mampu mencegah adanya global warming.

1. Manfaat secara hidrologis
Manfaat penghijauan yang pertama adalah mampu menjaga keseimbangan sistem air dialam, dengan adanya banyak pohon yang ditanam itu berarti kita sedang mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Akar pohon sangat bermanfaat dalam menjaga kestabilan air dalam tanah.

BACA JUGA:  Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

2. Manfaat secara orologis
Penghijauan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi dan pengikisan tanah yang dapat menimbulkan bencana alam tanah longsor.

3. Manfaat secara ekologis
Dan penghijauan mampu menjaga lingkungan menjadi lebih asri, nyaman serta menjadi tempat tinggal yang layak bagi tanaman dan hewan didalamnya. Dengan begitu alam pun akan selaras dan menghasilkan apa yang dibutuhkan oleh manusia.

4. Manfaat secara klimatologis
Yang terakhir adalah manfaat klimatologis dimana penghijauan bisa berguna untuk mencegah polusi dan pemanasan global yang sudah terjadi di dunia ini. Tingakat karbondioksida yang cukup tinggi dalam dunia ini mengurangi jumlah oksigen. Sedangkan pohon atau tumbuhan menghasilkan oksigen yang berguna untuk kehidupan dibumi.

Loading...