Siapakah Benjamin Franklin?

ASTALOG.COM – ”Waktu adalah Uang”. Itulah kata-kata yang masih populer sampai sekarang yang awalnya disampaikan oleh Benjamin Franklin. Kita mungkin lebih mengenalnya sebagai politikus, pemimpin revolusi di Amerika dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Namun dibalik itu ternyata tokoh yang panggilan akrabnya ”Ben” ini juga seorang wartawan, penerbit, pengarang, dan sekaligus juga penemu.

Ben lah yang menjadi kepala kantor pos pertama, pembuat perpustakaan umum pertama, dan orang pertama yang mengorganisir barisan pemadam kebakaran di Amerika.

Dilansir dari wikipedia, Benjamin Franklin (lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790 pada umur 84 tahun) adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya.

Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus. Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika.

Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya “waktu adalah uang” kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang hingga sekarang karena ia juga banyak dan rajin menulis. Ia juga terkenal dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir).

Dia adalah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat “perpustakaan umum” pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

Konsep Penemuan
Benjamin Franklin adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya dalam hidupnya. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Dia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filosofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu, yang penemuannya membuka pengertian yang lebih dalam pada bidang kelistrikan. Dia menemukan penangkal petir, kaca mata, odometer (pengukur jarak tempuh pada kendaraan), dan peralatan musik. Franklin juga dikenal sebagai salah seorang bapak pendiri (Founding Father) dari Negara Amerika Serikat. Benjamin Franklin dianggap sebagai orang yang berperan penting dalam berdirinya negara Amerika Serikat, karena benjamin salah satu perancang dari “Deklarasi Kemerdekaan Amerika” dan ikut menandatangani deklarasi tersebut tanggal 4 Juli 1776. Franklin adalah kepala kantor pos pertama di Amerika Serikat, pembuat “Perpustakaan Umum” pertama dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota. Di bidang Ilmu Pengetahuan Alam, beliau adalah orang pertama yang membuat alat pemanas ruangan yang kemudian disebut “Tungku Franklin”, yaitu sebuah desain perapian yang efisien dan lebih aman dari bahaya kebakaran.

Bulan Juni 1752, disekitar laboratorium milik Franklin terjadi hujan yang disertai dengan guntur dengan percobaannya dengan menggunakan layang-layang Franklin menemukan alat penangkal petir. Ujung layang-layang itu diberinya batangan logam yang ujungnya runcing menghadap ke atas. Logam ini segera saja menjadi media berkumpulnya muatan listrik dari awan. Muatan itu dihantarkan ke bawah melalui benang yang basah oleh hujan, dan mengumpul pada sebuah kunci logam yang diikatkan ke benang tersebut. Saat bejana Leyden didekatkan ke kunci logam, segera saja bejana itu penuh bermuatan listrik. Hasil dari eksperimen ini membawa Ben ke penemuan ” tongkat Franklin ” atau lebih kita kenal sebagai penangkal petir. Mulai saat itu Franklin menjadi terkenal dan dianggap sebagai sarjana ilmu pengetahuan yang besar di Inggris dan Perancis. Dengan adanya hasil penemuan Franklin, maka rumah-rumah pencakar langit dapat terhindar dari sambaran petir dengan menggunakan penangkal petir. Beliau mengatakan bahwa “kilat itu adalah listrik”.

Sebagai seorang penulis dia menerbitkan buku “Poor Richard’s Almanac”. Kata-katanya banyak yang dikutip orang, misalnya “Time Is Money” (waktu adalah uang). “singkatnya jalan menuju kekayaan, jika anda menginginkannya, sederhana jalan ke pasar. Ia tergantung pada dua hal yaitu rajin dan hemat jelasnya adalah janganlah menyia-nyiakan waktu (tidak rajin) ataupun menyia-nyiakan uang (tidak hemat), karena usia dan keinginan, tabunglah selama kamu mampu, karena sinar mentari pagi tidak mungkinlah sepanjang hari”.

PELAJARAN YANG BERKAITAN