Hiu Megalodon

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Megalodon adalah spesies ikan hiu purba raksasa yang hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu (miosin tengah – pliosin akhir). Hiu ini berukuran lebih besar dari seekor paus bungkuk. Namanya sendiri berarti “gigi yang besar”. Hewan ini kemungkinan termasuk jenis hiu perairan dalam yang jarang naik ke permukaan kecuali untuk mencari mangsa.[butuh rujukan]

Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih Charcharodon charcarichas. ia adalah Raja lautan pada zaman purba. Diperkirakan megalodon bisa tumbuh dari 15-20,3 meter dengan berat 80-100 ton jauh lebih besar daripada hiu paus, Rhinocodon typus. Mangsa favorit megalodon adalah mamalia sperti Paus (termasuk paus sperma, paus balin, paus bungkuk), dugong, dan paus kecil, seperti Cethotherium.

Ukuran megalodon jauh melebihi ikan hiu paus (whale shark) yakni ikan terbesar di dunia yang hidup di masa sekarang yang panjangnya hanya mencapai 15 m. Meski demikian, ukuran Megalodon tetap lebih kecil dari binatang terbesar di dunia yaitu ikan paus biru yang panjangnya mencapai 33 M.

BACA JUGA:  Keunggulan Bioteknologi

Makanan megalodon adalah ikan paus, lumba lumba, penyu dan binatang laut lainnya. Kekuatan giginya yang dapat menghancurkan cangkang penyu dengan mudahnya. Ikan hiu terbesar ini adalah pemangsa terbaik yang pernah ada , didukung oleh kekuatan, kecepatan dan giginya.

Fakta Hiu Megalodon
Berikut adalah beberapa fakta dari hiu megalodon, antara lain:

1. Hiu Megalodon Terbesar di Dunia
Hiu megalodon memiliki ukuran yang besar dari hiu pada umumnya. Jika Leviathan berukuran 68 kaki, hiu ini memiliki ukuran panjang hingga 70 kaki atau 21 meter. Selain itu, satu gigi megalodon ukurannya bisa melebihi 1 tangan orang dewasa. Sungguh menyeramkan untuk ukuran gigi seekor ikan.

2. Memiliki Gigitan Super Kuat
Ikan Hiu megalodon merupakan pemangsa terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah. Kekuatan giginya dapat menghancurkan cangkang penyu dengan mudah. Mangsa favorit megalodon adalah mamalia seperti Paus (termasuk paus sperma, paus balin, paus bungkuk), dugong, dan paus kecil, seperti Cethotherium.

BACA JUGA:  Teori Bumi Bulat

3. Super Predator
Megalodon dikenal sebagai ‘super-predator’ karena dengan ukurannya yang besar dan kecepatannya yang tinggi membuat mangsa-mangsanya pada saat itu hanya punya kesempatan kecil untuk menyelamatkan diri. Dominasinya di lautan diperkirakan berlangsung selama jutaan tahun hingga pada saat kepunahannya yang tiba-tiba.

Oleh karena itu, megalodon adalah salah satu predator paling kuat dan paling sukses ketika masih berkuasa di lautan skitar 1,5 juta tahun yang lalu. Kesuksesan spesies ini bisa dilihat dari penyebaran fosilnya yang bisa ditemukan hampir di semua perairan dalam di muka bumi.

4. Tak Diketahui Alasan Punahnya Megalodon
Tidak ada yang mengetahui secara pasti, kenapa hiu megalodon ini bisa punah. Banyak teori yang mengatakan bahwa megalodon punah pada puncak zaman es yang mengakitbatkan semua paus besar, termasuk megalodon ini menjadi mati.

Loading...