Ciri Khas Penelitian Geografi

Loading...

ASTALOG.COM – Salah satu jenis penelitian yang berkembang saat ini adalah Penelitian Geografi. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelitian yang sistematis, terkontrol empiris, serta penyelidikan kritis dari proposisi hipotesis tentang hubungan yang diperkirakan antara gejala alam. Suatu penelitian geografi dikatakan sistematis apabila mengikuti langkah-langkah atau tahapan yang dimulai dengan mengidentifikasi masalah, menghubungkan masalah tersebut dengan teori yang ada, mengumpulkan data, menganalisis dan menginterprestasi data, serta  menarik dan menggabungkan suatu kesimpulan.

CIRI KHAS PENELITIAN GEOGRAFI

Ciri khas penelitian geografi adalah menggunakan konsep, prinsip dan pendekatan geografi berdasarkan studi geografi dalam mendapatkan masalah penelitian terhadap gejala alam maupun sosial, serta memecahkan permasalahan dengan sudut pandang keruangan, kewilayahan, dan kelingkungan. Adapun studi geografi meliputi:

  1. Permukaan bumi (geosfer)
  2. Alam lingkungan (atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer)
  3. Umat manusia dengan kehidupannya (antroposfer)
  4. Penyebaran keruangan gejala alam dan kehidupannya termasuk persamaan dan perbedaan
  5. Analisis hubungan keruangan gejala-gejala geografi di permukaan bumi
BACA JUGA:  Penyebaran Agama Islam pada Masa Bani Umayyah

Berdasarkan studi geografi itu, maka penelitian geografi bisa dilakukan dengan ciri khasnya dalam keterampilan dan kemampuan terutama yang berkenaan dengan segi praktis, yaitu:

  1. Pembuatan dan Penggunaan Peta: berkaitan analisa pendekatan keruangan, kewilayahan, dan kelingkungan untuk menganalisa gejala geosfera yang meliputi penyebaran jenis tanah, jenis vegetasi, pemukiman, penduduk jaringan jalan, pola aliran sungai, dan jenis pertanian yang digunakan pemanfaatan interprestasi dan analisa peta.
  2. Observasi Lapangan: kemampuan observasi di lapangan dalam memberikan data yang akurat yang lebih besar dan tidak dapat terbaca lewat peta dan kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan dalam penelitian geografi. Dalam hal ini, mencatat dan meneliti obyek penelitian di suatu wilayah berarti bahwa secara bersama-sama diadakan pemetaan daerah tersebut dengan observasi lapangan.
  3. Dokumentasi: kecakapan dalam menyusun dokumen hasil penelitian dan foto serta peta daerah penelitian yang diperoleh di lapangan dalam memberikan informasi yang akurat dan bukti untuk analisa penelitian geografi.
  4. Penentuan Model dari Hasil Analisa Penelitian Geografi: hasil analisa dari studi penelitian geografi memberikan interpretasi data yang dapat digunakan untuk menentukan model atau gejala geosfer yang terjadi di wilayah tertentu dengan pendekatan keruangan, kewilayahan, dan kelingkungan. Model ini dapat berupa pola penyebaran maupun gambar, grafik, dan diagram.
BACA JUGA:  Mesosfer Adalah

PENDEKATAN YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN GEOGRAFI

  1. Pendekatan Keruangan: dalam studi geografi harus tetap menggunakan prinsip dan pendekatan keruangan yang meliputi: Pendekatan Topik dan Pendekatan Aktivitas Manusia yang berkaitan dengan aktivitas penduduk dan interelasinya.
  2. Pendekatan Ekologi: berkaitan dengan inter relasi manusia dan lingkungannya.
  3. Pendekatan Kronologis: berkaitan dengan pengkajian geografi yang perkembangannya dinamis.
  4. Pendekatan Sistem: berkaitan dengan kajian suatu masalah sebagai bagian dari keseluruhan masalah yang besar, dengan melihat secara keseluruhan.

LANGKAH-LANGKAH DALAM PENELITIAN GEOGRAFI

  1. Perumusan dan pernyataan masalah penelitian geografi
  2. Perumusan tujuan penelitian
  3. Penyusunan hipotesa penelitian
  4. Penentuan populasi dan penarikan sampel