Berapakah Panjang Usus?

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang bermula dari lambung hingga anus . Pada usus terdiri dari dua bagian: usus kecil dan usus besar (kolon). Pada usus kecil terbagi lagi menjadi duodenum, jejunum, dan ileum, sedangkan usus besar terbagi menjadi cecum, kolon, dan rektum.

Secara makroskopis, usus halus dibagi menjadi duodenum, jejunum dan ileum yang kontinyu satu sama lain dan pada dasarnya mempunyai struktur histologis hampir sama.

Jenis-jenis Usus
Setiap manusia yang kondisi tubuhnya masih sehat pasti memiliki usus halus dan usus besar. Berikut penjelasan singkat mengenai kedua jenis usus tersebut.

1.Usus halus
Usus halus merupakan penghubung lambung dan usus besar. Lalu berapakah panjang usus manusia khususnya usus halus? Usus halus pada orang dewasa panjangnya kira-kira 22 m.

BACA JUGA:  Jelaskan Hubungan Antara Gaya dan Gerak

Usus halus dibagi menjadi tiga bagian, yaitu

a. Duodenum yang bentuknya melengkung seperti tapal kuda dengan panjang sekitar 25 cm.
b. Jejunum yang bentuknya berkelok-kelok dengan panjang 2 hingga 3 meter
c. Ileum yang merupakan batas antara ileum dan jejunum ini memiliki, panjang kurang lebih 4 – 5 m

Usus halus berfungsi menyerap nutrisi dan mineral yang ada dalam makanan dan melewati makanan yang dicerna ke usus besar.

2.Usus besar

a. Usus besar merupakan tabung muscular berongga yang memiliki panjang kurang lebih 5 meter.
b. Usus besar dibagi menjadi empat bagian yaitu sekum, kolon, rektum dan anus.
c. Usus besar berfungsi menyerap air dan elektrolit sisa pencernaan dan menyimpan kotoran hasil sisa pencernaan sampai nantinya akan diekskresikan.

BACA JUGA:  Jenis Pajak dan Fungsinya

Tips Menjaga kesehatan usus
Karena usus merupakan oragan tubuh yang berguna untuk proses pencernaan, maka penting untuk menjaga jumlah bakteri baik dalam usus tersebar luas dan dalam kondisi normal agar anda memiliki kondisi tubuh yang prima. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan usus anda.

1. Mengkonsumsi produk susu probiotik, seperti yogurt.
Mengonsumsi makanan kaya serat dan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti jeruk, pisang, kiwi, paprika, gandum, kacang almond, minyak zaitun, bawang putih, daun bawang dan sebagainya

2. Memiliki pola hidup yang sehat, seperti miliki waktu istirahat, dan makan yang teratur, serta rutin berolah raga.

3. Berhenti mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok untuk menghindari senyawa karsinogen masuk ke dalam tubuh.

BACA JUGA:  Proses Terbentuknya Batuan dan Jenisnya

Karena penyakit usus bisa menyerang siapa saja untuk itu penting menjaga kesehatan usus, apalagi pada orang yang memiliki riwayat keluarga penyakit kanker usus, orang yang menderita penyakit diabetes, orang yang menderita radang usus, wanita yang memiliki riwayat penyakit pada rahim, ovarium, payudara, orang yang mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok atau kanker serta orang yang usianya sudah di atas 50 tahun. Sementara untuk anda yang masih berusia muda dan tidak memiliki riwayat penyakit tersebut atau memiliki tidak memiliki kebiasaan buruk, anda harus menjaga pola hidup sehat, dan mengatur pola makan.

Jika anda masih berpikir berapakah panjang usus manusia? Ya panjang usus manusia sekitar 1.296 m2 atau jika dibentangkan luasnya hampir 2 kali luas lapangan tenis.