Fungsi Pankreas Pada Manusia

Loading...

ASTALOG.COM – Pankreas merupakan kelenjar dengan warna abu-abu merah muda dan memiliki panjang 12 sampai 15 cm. Pankreas terletak di perut bagian atas memanjang ke sebelah kiri dan bagian kepalanya menempel pada usus dua belas jari (duodenum). Pankreas memiliki 4 bagian utama, yakni bagian kepala, leher, tubuh, dan ekor. Sebagai tambahan, pankreas juga memiliki uncinate yang berbeda bila dibandingkan dengan anatomi yang lain.

Dilansir dari wikipedia, Pankreas adalah organ aksesoris pada sistem pencernaan yang memiliki dua fungsi utama: menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksokrin serta menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin.

Pankreas terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan bagian kaput/kepalanya menempel pada organ duodenum. Produk enzim akan disalurkan dari pankreas ke duodenum melalui saluran pankreas utama.

BACA JUGA:  Manfaat Sensus Penduduk

Fungsi Pankreas Manusia
Berikut dua fungsi utama dari pankreas, antara lain:

1. Menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksokrin serta menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin.

2. Pankreas terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan bagian kaput/­kepalanya menempel pada organ duodenum. Produk enzim akan disalurkan dari pankreas ke duodenum melalui saluran pankreas utama.

Beberapa fungsi dari pankreas lainnya adalah :

1. Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glucogen, yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati.

2. Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot. Insulin juga merangsang hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya di dalam sel-selnya.

3. Dan para penderita diabetes, mengalami kegagalan fungsi pankreas yang disebabkan saraf-saraf pada pankreas tidak dapat bekerja dengan normal. Parahnya para penderita diabetes hanya diberi satu solusi untuk mengkomsumsi obat-obatan / herbal yang hanya menurunkan kadar gula dalam darah.

BACA JUGA:  Hasil Kebudayaan Mesopotamia

4. Para medis tidak pernah berbicara bagaimana mengaktifkan saraf dipankreas yang menurut bahasa mereka (para medis) tertidur atau malas bekerja. Padalah saraf pankreas yang tidak bekerja itu bisa diaktifkan kembali dengan cara terapi lintah dan menggunakan Enzima Jellyrudo ( Herbal dari turunan hirudo /lintah yang dipadukan dengan herbal lain.)

5. Herbal Enzima Jellyrudo ini sudah terbukti dengan sembuhnya beberapa pasien saya yang menderita diabetes dan sudah mengkomsumsi suntik insulin (pagi dan sore) berhasil sembuh dan lepas dari ketergantungan suntik insulinnya.

Bagian-bagian Pankreas
Pankreas dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu kepala, leher, badan, dan ekor.

1. Kepala Pankreas adalah bagian yang terlihat menempel pada usus halus, Kepala merupakan bagian terluas dari pankreas.

BACA JUGA:  Mahluk Hidup yang dapat Membuat Makanannya Sendiri

2. Leher Pankreas merupakan bagian pankreas yang panjangnya sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala dan badan.

3. Badan Pankeras, yaitu bagian pankreas yang terletak diantara leher dan ekor, disebut juga bagian yang paling penting dari pankreas.

4. Ekor Pankreas merupakan bagian meruncing yang terletak pada perut kiri, ekor merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas.

5. Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus), merupakan saluran dari pankreas yang akan menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan akan bermuara di duodenum (Usus 12 jari). Saluran pankreas akan mengeluarkan berbagai enzim dari pankreas untuk membantu sistem pencernaan.

Loading...