Jalur Pegunungan Muda yang Melewati Indonesia

ASTALOG.COM – Karena adanya pertemuan antara 2 buah lempeng litosfer, maka terbentuklah lipatan kulit Bumi yang dikenal dengan jalur pegunungan lipatan. Salah satunya adalah jaluar pegunungan lipatan muda. Secara geologis, letak wilayah Indonesia sendiri dilalui oleh 2 jalur pegunungan muda dunia, yaitu pegunungan sirkum Mediterania di sebelah barat, dan pegunungan sirkum Pasifik di sebelah timur. Keadaan ini tentu saja membuat wilayah Indonesia banyak memiliki gunung api yang aktif serta rawan terjadi bencana alam, seperti: gempa bumi, tsunami, banjir, kemarau berkepanjangan, gunung berapi, dan tanah longsor.

JALUR PEGUNUNGAN MUDA YANG MELEWATI INDONESIA

1) Pegunungan Sirkum Mediterania

Pegunungan Sirkum Mediterania merupakan rangkaian pegunungan sambungan dari jalur pegunungan di sekitar laut Tengah, yang meliputi: Afrika Utara, Spanyol, Alpen, Alpenina, Semenanjung Balkan, membujur ke pegunungan Himalaya, Myanmar, Malaysia kemudian menyeberang ke Indonesia melalui pulau Sumatera. Jalur Sirkum Mediterania di Indonesia membentang dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku. Di Indonesia, Sirkum Mediterania menjadi 2 busur, yaitu:

  1. Busur Dalam Vulkanik : merupakan busur dalam dari rangkaian pegunungan sirkum Mediterania yang bersifat vulkanis, serta menyebabkan banyak gunung berapi aktif di sekitar rangkaian pegunungan sirkum Mediterania tersebut. Contoh gunung api tersebut adalah: Gunung Kerinci, Gunung Leuseur ,dan Gunung Krakatau.
  2. Busur Luar Non-Vulkanik : merupakan busur luar dari rangkaian pegunungan sirkum Mediterania yang tidak bersifat vulkanis. Busur luar dari pegunungan sirkum Mediterania membentang di pantai barat Sumatera, seperti Pulau Simeul, Nias, Mentawai dan Enggano, pantai selatan Jawa, dan pantai selatan Kepulauan Nusa Tenggara.

2) Pegunungan Sirkum Pasifik

Pegunungan sirkum Pasifik merupakan rangkaian pegunungan yang dimulai dari pegunungan Los Andes di Amerika Selatan, pegunungan di Amerika Tengah, Rocky Mountain di Amerika Utara, Kepulauan Aleuten, Jepang, Filipina, dan masuk ke Indonesia melalui 3 jalur, yaitu Kalimantan, Sulawesi, dan Halmahera, lalu berlanjut ke kepala burung Papua, dan membentuk tulang punggung pegunungan di wilayah Papua, Australia, dan berakhir di Selandia Baru.

Di wilayah Indonesia sendiri, jalur pegunungan sirkum Pasifik bercabang 2, yaitu:

  1. Cabang Pertama : dimulai dari Pulau Luzon yang bersambung dengan pegunungan di Kalimantan melalui Pulau Pahlawan dan Kepulauan Sulu.
  2. Cabang Kedua : dimulai dari pulau Luzon, Samar, Mindanao, Kepulauan Sangihe, dan berakhir di Pulau Sulawesi.

 

 

 

 

 

PELAJARAN YANG BERKAITAN