Cara Mengetahui Berita Siaran Media Elektronik dan Non Elektronik

Loading...

ASTALOG.COM – Tentunya memahami sebuah berita ada mudah dan tidaknya sangat berbeda. berita menurut KBBI adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian yang sedang hangat diperbincangkan oleh banyak orang, seperti contoh “Semalam Ia mendengar bahwa kampungnya dilanda Banjir” hal ini menjadi salah satu berita. namun tentunya Unsur dari sebuah berita adalah 5w+1h serta tak lupa fakta dari sebuah berita harus diutamakan.

tentunya sahabat ASTALOG.COM penasaran bukan dengan contoh dan pengertian mengenai berita siar media elektronik dan non elektronik seperti apa. tentunya kamu juga harus mengetahui arti dari berita elektronik dan non elektronik.

  • media elektronik.

media elektronik ini adalah media yang menggunakan elektroninemika atau teknologi elektronik yang dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja. sangat berbeda dengan media non elektronik, media ini membutuhkan akses menggunakan teknologi masa kini seperti pancaran sinar gelombang satelit, internet dan sebagainya. berbeda dengan media cetak yang diproduksi dengan menggunakan mesin elektronik tetapi diakses tanpa membutuhkan media elektronik. contohnya adalah TV, Smartphone, Komputer yang dapat memuat berita secara online melalui internet dan radio.

  • media non elektronik.
BACA JUGA:  Kata Metafora Dalam Teks Ulasan

media non elektronik ini merupakan media cetak atau lebih diproduksi secara massal dengan menggunakan kertas yang dicetak secara bersamaan untuk konsumsi berita di kalangan masyarakat tanpa harus mengaksesnya menggunakan internet. contohnya: buletin, koran, majalah serta berbagai media lainnya yang serupa dengan contoh tersebut.

  • perbedaan media elektronik dan media non elektronik.

media elektronik: – menggunakan proses pemancaran, – isi pesan audio (bagi radio) dan audiovisual bagi internet atau online dan Televisi, – dapat diulang kembali (untuk internet), – tidak dapat diulang sesuka hati (tv atau radio), dapat menyajikan peristiwa yang sedang terjadi secara langsung,

media non elektronik: – menggunakan alat bantu percetakan, isi pesan tulisan, dapat diulang atau dibaca kembali, menyajikan peristiwa kemarin.

BACA JUGA:  Cinta Itu Buta Bahasa Inggrisnya

tentunya hal ini menjadi pertimbangan masyarakat sekarang untuk menggunakan media online ketimbang cetak tetapi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Semester ganjil ini masih menjadi mata ajar yang tak ketinggalan.

contoh soal perbedaan media elektronik dan non eketronik:

  • apa kelebihan media non elektronik masa kini?

A. Lebih Luas, Menyajikan Berita Terkini, mampu dimuat ulang, berisi tulisan.

B. lebih luas, menyajikan peristiwa lalu, mampu dimuat ulang, berisi audiovisual.

C. lebih luas, menyajikan peristiwa langsung maupun lalu, mampu dimuat ulang, berisi audiovisual.

D. lebih luas, terkini, mampu dimuat ulang, berupa tulisan. peristiwa lalu.

jawaban C: karena disini makna setiap kata yaitu lebih kepada berisi audiovisual dan mampu memuat berita lalu maupun saat ini.

BACA JUGA:  Kohesi Leksikal

 

 

Loading...