Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan

Loading...

(Biologi Kelas XI IPA Smt Ganjil)

Pertumbuhan dan Perkembangan merupakan salah satu mata Pelajaran untuk Biologi kelas XI IPA semester ganjil. Hal ini banyak sekali masih rancu di mata murid-murid karena memang banyak yang sulit membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Nah untuk adik-adik sahabat Astalog.com tentunya sangat beruntung sekali membaca pengertian dan perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan. Penasaran bukan apa itu perbedaan dan penjelasan dari kakak Astalog.com mengenai pertumbuhan dan perkembangan.

  1. Pengertian pertumbuhan dan perkembangan.

Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya suatu ukuran atau secara kuantitas baik pada sel hingga pembelahan sel yang sifatnya tidak dapat kembali lagi ke hal yang sama. Pertumbuhan sendiri mencapai aspek kuantitatif yang tidak dapat berubah secara ukuran atau bentuk. Semua mahluk hidup mengalami pertumbuhan tak terkecuali manusia. Bertumbuh tinggi atau bertambahnya ujung akar pada tumbuhan juga menjadi salah satu ciri mahluk hidup mengalami pertumbuhan.

  1. Pengertian perkembangan.
BACA JUGA:  Perbedaan Biotik dan Abiotik

Perkembangan sendiri adalah suatu perubahan mahluk hidup ke tahap perkembangan atau tingkat kedewasaan yang tidak dapat diukur secara kuantitas. Serta sewaktu-waktu dapat berubah. Termasuk sifat seseorang yang dewasa dan anak-anak sangat berbeda ini merupakan salah satu perkembangan dalam proses kehidupan.

Jadi kita perlu mengetahui pertumbuhan dan perkembangan berbeda. Pertumbuhan lebih kepada kuantitas atau dapat dikur sehingga perkembangan tidak dapat diukur.

Berikut contoh soal mengenai pertumbuhan dan perkembangan:

  • Jika sebuah tumbuhan mengalami pembelahan mitosis maka bisa disebut sebagai proses apa?

Jawaban B: karena pembelahan mitosis merupakan salah satu proses pertumbuhan dan dapat ditentukan secara kuantitasnya.

Itulah beberapa hal yang gampang untuk kamu pelajari mengenai pertumbuhan dan perkembangan.

Loading...