Macam-macam Aspek Geografi

Mata Pelajaran geografi Kelas X SMA smt Ganjil.

ASTALOG.COM – aspek geografi kali ini menjadi topik pembicaraan kita untuk sahabat ASTALOG.COM semua yang telah banyak bertanya mengenai apa itu aspek geografi?, tentunya sebelum membahas lebih lanjut mengenai aspek geografi anda juga harus mengetahui arti awalan dari geografi sendiri.

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai ruangan dan persamaan serta perbedaan atas fenomena fisik dan manusia yang berada di muka bumi ini. kata geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang mana “geo” memiliki arti Bumi dan “grafi” artinya tulisan atau penjelasan. sudah mengetahui bukan arti dasar geografi. sekarang lanjut ke aspek geografi.

aspek geografi sendiri dibagi menjadi 4 yang mana melingkupi aspek fisik dan aspek sosial, ruang lingkup geografi, struktur geografi, dan objek studi geografi. berikut penjelasannya.

  • aspek fisik dan aspek sosial geografi.

aspek fisik geografi hanya menyetuh aspek fisik dari geosfer yang bersifat fisik seperti meliputi tanah, air iklim dengan berbagai proses alamiah. sedangkan untuk aspek sosial geografi mengambil segala aspek manusia dengan segala lingkungannya yang mana bersifat kependudukan, aspek aktivitas dan ekonomi, budaya serta sosial politik masyarakat sekitar.

untuk perbedaan dari kedua aspek tersebut tentunya kamu dapat dengan mudah membedakan beberapa aspek tambahan seperti gejala geosfer dalam kehidupan sehari-hari seperti pergantian musim,pola pengaliran sungai serta berbagai aspek lainnya. sedangkan untuk sosial lebih kepada kegiatan pertanian di desa, industri yang berkembang pada masyarakat dan sebagainya.

  • ruang lingkup geografi.

tentunya ruang lingkup geografi terletak pada manusia dan alam atau fisik, dan meliputi analisa penyebaran, interelasi dan interaksi dalam ruang. melihat analisa geografi yang dipelajari juga meliputi 5w+1h, dengan demikian kita akan menarik kesimpulan dari aspek yang sudah kita analisa.

menurut Dalljoeni mengemukakan aspek geografi dengan pokok-pokok telaah geografi sebagai berikut; – ukuran bentuk dan aneka gerakan, – persebaran serta posisi masa daratan dan wujud, – batuan struktur dan berbagai relief permukaan bumi serta pola persebaran Dunia tumbuhan dan hewan, ras persebaran manusia berdasaran unit kenegaraan.

  • objek studi geografi.
  1. objek maternal: objek maternal geografi adalah geosfer yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, antrosfosfer. yang mana menekankan antrofosfer sebagai mahluk yang berperan dalam biosfer.
  2. objek formal: merupakan cara pandang dan cara berfikir pandang yang berada di permukaan Bumi, baik keadaan fisik maupun keadaan sosialnya. dari objek formal akan ditemukan pertanyaan 5W+1H.
  • struktur geografi.

struktur geografi sendiri mempelajari bentang lahan secara landscape yaitu bagian ruang dari permukaan bumi yang dibentuk dari interaksi dan interdependensi dari bentuk lahan. perhatian khusus dari struktur geografis adalah lapisan hidup atau life layer dari lingkungan fisik yaitu zone tipis dari daratan atau lautan di dalamnya.

itulah beberapa informasi untuk kalian mengenai aspek geografi yang cukup penting untuk kalian sehingga bisa mengetahui dasar dari mata pelajaran geografi.