Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Loading...

Pancasila merupakan salah satu nilai ideologi suatu Bangsa. juga menjadi salah satu landasan hidup Bangsa dan pemersatu antara perbedaan suatu Bangsa. Tanpa Pancasila Bangsa tidak akan dapat berdiri dengan landasan hukum yang juga disebutkan dalam Batang Tubuh Undang Undang Dasar 1945, Alenia terakhir.

Pancasila sangat berhubungan penuh dengan ideologi suatu Bangsa yang mana arti dari Ideologi sendiri adalah “idea” yang berarti gagasan, konsep, pemikiran, dasar atau cita-cita dan “logos” yang berarti cita-cita, nilai-nilai dasar kebangsaan dan keyakinan yang ingin dijunjung suatu Bangsa dan Negara dalam mencapai suatu hal tertentu.

Ideologi sendiri merupakan makna lain dari Pancasila, yang mana sebutan ini banyak digunakan oleh para cendekiawan untuk menyampaikan aspirasinya mengenai Pancasila. Ideologi terbuka menjadi dasar adanya Pancasila yang mana dapat diartikan dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal yang mana sumber semangat Ideologi terbuka itu digaungkan dalam UUD 1945. Berikut Ciri pokok dari Ideologi terbuka yang tidak dimutlakan dan menjadi landasan Pancasila.

  • merupakan kekayaan rohani, moral dan keyakinan masyarakat serta budaya (falsafah), jadi bukan hanya keyakinan sekelompok orang tertentu melainkan kesepakatan bersama.
  • tidak ditemukan dalam Negara tetapi ditemukan dalam masyarakat sendiri, dan ia merupakan miliki seluruh rakyat apabila digali dan ditemukan secara mendalam.
  • isinya tidak langsung operasional sehingga masyarakat atau generasi baru dapat menggali falsafah dari Pancasila.
  • tidak pernah memperkosa kebebasan dan tanggung jawab masyarakat, melainkan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk berusaha hidup dan bertanggung jawab sesuai dengan falsafah Pancasila.
  • menghargai pluralitas sehingga dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakata dari berbagai latar belakang yang berbeda. bahkan mereka yang tak terdidik juga mampu mempelajarinya.
BACA JUGA:  Jelaskan Awal Terbentuknya Komnas HAM

Ideologi terbuka ini membentuk generasi yang terbuka dan mampu mengubah generasi Bangsa lebih baik kedepannya, bukan bersifat diktraktor tetapi lebih kepada demokratis tanpa adanya perselisihan yang membabi buta.

Mata Pelajaran PKN SMA Kelas X Smt Ganjil

Loading...