Sistem Pembelahan Sel (Amitosis dan Mitosis Miosis)

Loading...

ASTALOG.COM – Pembelahan sel dimulai dari reproduksi sel yang terjadi pada pertumbuhan makhluk hidup. siapa yang tidak mengetahui mengenai pembelahan sel, pastinya sudah banyak yang mengetahui. proses pembelahan sel dapat membentuk bagian-bagian terkecil dan mengalami pembelahan dalam sistem reproduksinya.

setiap sel akan memperbanyak diri dalam membentuk sel baru dan sel baru tersebut mampu dibagi menjadi dua yaitu makhluk bersel satu atau biasa disebut Uniseluler dan makhluk bersel dua atau disebut multiseluler. seperti bakteri Protozoa yang melakukan pembelahan sel dari satu ke dua yang mana merupakan salah satu cara untuk berkembangbiak. Protozoa sendiri melakukan pembelahan dari satu menjadi dua dan seterusnya hingga berakhiran banyak.

seperti halnya seorang laki-laki akan menghasilkan sperma yang ditampung di dalam testis dan wanita menghasilkan sel telur yang akan ditampung di ovarium. Hal ini dapat membedakan ada dua hal macam pembelahan yaitu secara langsung (amitosis) dan secara tidak langsung (Mitosis atau miosis).

BACA JUGA:  Jelaskan Peristiwa Metamorfosis!

nah sekarang kita akan mempelajari mengenai pembelahan secara Amitosis dan Mitosis Miosis, berikut beberapa penjelasan yang wajib anda pelajari.

  • proses pembelahan Amitosis: proses pembelahan ini merupakan proses pembelahan secara langsung atau pembelahan biner. pembelahan biner sendiri merupakan salah satu proses pembelahan dari satu sel ke dua tanpa adanya proses panjang lebar dan terstruktur.  pembelahan biner sendiri banyak sekali dilakukan oleh organisme uniseluler seperti bakteri, protozoa dan mikroalga. satu sel pembelahan ini akan diikuti pembelahan lainnya yang identik dan kemudian diikuti pembelahan sitoplasma. yang akhirnya membentuk satu sel anakan yang biasanya pembelahan dilakukan oleh organisme prokariotik dan eukariotik tertentu. pembelahan ini dilakukan dan menghasilkan DNA bakteri yang diletakan di nukleoid.
  • proses pembelahan mitosis atau miosis: pembelahan sel secara tidak langsung adalah salah satu pembuahan yang memiliki berbagai tahap yang mana setiap tahap pembelahan ditandai dengan adanya kromosom yang berbeda-beda tentunya di dalam inti sel terdapat benang-benang kromatin, dimana ketika sel akan membelah benang-benang kromatin ini akan menebal dan memendek yang kemudian disebut Kromosom sendiri. kromosom dapat dikaitkan dengan warna dan sangat mudah diamati di mikroskop. hasil yang banyak diketahui adalah kromosom sebagai benang pembawa sifat bagi bakal sel yang akan tumbuh.
  • untuk pembelahan mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan sel anakan yang mana sel anakan ini mewakili sifat sel induknya, dan memiliki jumlah kromosom yang sama dengan induknya. jika sel induk memiliki 2n kromosom maka sel anakan juga memiliki 2n kromosom yang sama.
  • sel miosis yang mana merupakan pembelahan sel reduksi yang menghasilkan dua anakan ganda ketika 2n kromosom mengalami pembelahan maka menghasilkan 4n sel anakan kromosom dan seterusnya.
BACA JUGA:  Metode Terapi Substitusi Opioida

itulah beberapa hal mengenai sel kromosom dan penjelasannya mengenai sistem pembelahan sel yang wajib anda ketahui untuk bekal UN khususnya di SMA.

Loading...