Proses Biosentesis Lemak

Loading...

ASTALOG.COM- Ini merupakan salah satu mata pelajaran inti di Biologi SMA serta Kimia. sebeum mengetahui biosentesis anda harus mengerti pengertian serta beberapa hal yang berkaitan dengan biosenstesi. Pertama adalah kaitan erat asam lemak dengan biosentesis. sebelumnya Asam lemak adalah rantai hidrokarbon alifatik panjang yang memiliki gugus asam karboksilat. Panjang  rantai hidrokarbon asam lemak bervariasi dari 10 sampai 30 karbon.

setelah mengetahui asam lemak yang terpenting adalah mengetahui proses dari Biosentesis terlebih dahulu sebagai berikut, Pada hakikatnya sintesis asam lemak berasal dari asetil KoA.Enzim bekerja sebagai katalis adalah kompleks enzim-enzim yang terdapat pada sitoplasma, sedangkan enzim-enzim pemecah asam lemak terdapat pada mitokondria.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Psikotropika?

Reaksi awal adalah karboksilasi asetil koenzim A menjadi malonil koenzim A.asetil KoA intramitokondrion pertama-tama bereaksi dengan oksaloasetat untuk membentuk sitrat, ini merupakan tahap pertama dalam siklus asam sitrat oleh aktivis sitrat sintase.

Sitrat yang terbentuk, kemudian keluar dari matriks menuju sitosol, menembus membran mitokondria dalam  melalui system transport trikarboksilat yang spesific selanjutnya sitrat bereaksi dengan KoA sitosol dan ATP untuk menghasilkan Asetil KoA sitosol, reaksi ini dikatalisis oleh sitrat liase yang disebut juga sebagai enzim pemecah sitrat.

Dari reaksi pembentukan di atas, Asetil dan malonil ACP bereaksi membentuk asetoasetil ACP, dengan enzim asil-malonil ACP kondense sebagai katalis.

Untuk memulai putaran reaksi selanjutnya, dalam hal untuk memperpanjang rantai dengan unit 2-karbon lainnya, gugus malonil selanjutnya dipindahkan dari malonil KoA ke gugus fosfopantetin –SH pada ACP.

BACA JUGA:  Jelaskan Pengertian Aglutinogen atau Antigen

maka dari situ proses bio sentesis asam lemak akan berada dalam proses yang benar dan jadilah biosentesis asam lemakdengan produksi akhir Palmitoil-S-ACP.