Angin Muson Barat Dan Muson Timur

Loading...

ASTALOG.COM – Dalam sebuah masa tentunya terdapat iklim yang dapat mempengaruhi tumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang mana hal tersebut memang menjadi salah satu hal yang perlu teman-teman astalog.com ketahui mengenai beberapa hal dari angin muson timur dan angin muson barat.

Kata Muson berasal dari bahasa Arab (Mosem) yang artinya musim. Kata muson sering digunakan untuk merujuk kepada perubahan musiman arah angin di sepanjang pesisir Samudra Hindia, khususnya di Laut Arab, yang bertiup dari barat daya untuk setengah tahun dan dari timur laut untuk setengah tahun lainnya.

  1. Muson Barat atau muson musim dingin timur laut adalah angin yang bertiup pada bulan Oktober-April di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia sedang mengalami musim panas, berakibat pada tekanan minimum dan benua Asia lebih dingin, berakibat memiliki tekanan maksimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekenan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Asia menuju benua Australia, dan karena menuju Selatan Khatulistiwa/ Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kiri. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim hujan akibat adanya massa uap air yang dibawa oleh angin ini, saat melalui lautan luas di bagian utara (Samudra Pasifik dan Laut Tiongkok Selatan).
  2. Angin muson timur bertiup mulai bulan April sampai September,saat kedudukan semu matahari di sebelah belahan bumi utara,akibatnya tekanan udara di Asia rendah dan tekanan udara di Australia tinggi sehingga angin bertiup dari Australia ke Asia.Angin tersebut melewati gurun yang luas di Australia sehingga bersifat kering. Oleh karena itu di Indonesia mengalami musim kemarau

Itulah beberapa hal mengenai angin muson barat dan angin muson timur yang teman-teman perlu ketahui saat ini.

Loading...