Peranan Ilmu Kimia di Bidang Energi dan Lingkungan

Loading...

ASTALOG.COM – Kimia merupakan salah satu ilmu yang sudah ada sejak zaman Kuno bahkan pada massa khilafah ilmu ini sudah terlebih dahulu ada. tentunya dalam perkembangannya ilmu kimia saat ini semakin banyak perkembangan bahkan ilmu kimia saat ini menjadi salah satu ilmu yang cukup disegani di Masyarakat. Bagi kamu ana IPA tentunya tidak akan lepas dengan sejarah perkembangan mata pelajaran kimia, bahkan mereka ada yang mengaku pusing dengan pelajaran ini.

Namun perlu teman-teman Astalog.com ketahui bahwa ilmu kimia perlu dipelajari secara menyeluruh dan tentunya ada kaitannya dengan Energi dan Lingkungan di Bumi ini.

Ilmu kimia berperan dalam kaitannya penelitian, pengujian dan eksperimen mengenai bidang kimia untuk mencari terobosan penghematan energi, peningkatan efisiensi dari semisal bahan bakar fosil, minyak dan bio fuel. Pengertian ilmu kimia dalam bidang lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang interaksi yang melibatkan zat dan reaksi kimia di alam, serta polusi di alam.

Manfaat ilmu kimia yang pastinya sangat terbukti nyata untuk kita yaitu,

  • Manfaat dalam bidang teknik sipil dan energi.

Berkaitan dengan Bahan-bahan yang digunakan dalam bidang ini adalah semen, kayu, cat, paku, besi, paralon (pipa PVC), lem dan sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah agar bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dikemudian hari.

  • Manfaat dalam bidang lingkungan.

Hubungan antara ilmu kimia dan bidang pertanian, lalu apa manfaat ilmu kimia bagi bidang pertanian? Baiklah, bukankah untuk mengembalikan kesuburan tanah, perlu dilakukan penambahan pupuk, sedangkan hama dapat diatasi dengan penambahan pestisida. Manfaat dan bahaya penggunaan pupuk dan pestisida harus dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Hal yang harus diingat adalah pupuk dan pestisida adalah “produk” dari ilmu kimia.

Itulah beberapa manfaat dan keterkaitan erat ilmu kimia dengan lingkungan sekitar dan dengan berbagai peran bagi kehidupan.

 

Loading...