Wah Belajar Kimia Senyawa H2SO4

Loading...

ASTALOG.COM – senyawa H2SO4 yang sering kita kenal dengan sebutan Asam sulfat merupakan salah satu senyawa kimia yang juga sering disebut dengan minyak vitrol. Penampilan asam sulfat ini adalah bening dan hampir mirip dengan air, H2SO4 sendiri merupakan asam murni dengan kandungan 98% asam dan dapat di didihkan hingga 338oC.

Asam sulfat merupakan senyawa anorganik yang dapat larut dalam air dengan berbagai perbandingan. Yang mana asam sulfat sendiri memiliki berbagai kegunaan termasuk sebagai sintetis kimia untuk membersihkan biji besi, memproses air limbah dan penghilang minyak dalam berbagai logam tertentu.

Reaksi eksoterm merupakan reaksi hidrasi yang terjadi sangat kuat pada asam sulfat sehingga apabila ditambahkan dalam air asam sulfat juga akan mendidihkan sekejap air tersebut. Reaksi asam sulfat dengan air tersebut membentuk ion hidronium dengan senyawa kimia sebagai berikut.

H2SO4 + H2O → H3O+ + HSO4

Selain itu asam sulfat sendiri juga sebagai agen pengering yang cukup bagus sehingga sering digunakan untuk mengeringkan berbagai buah-buahan. Tetapi di atmosfir sendiri asam sulfat sendiri bersifat buruk karena akan berubah menjadi hujan asam apabila tercampur dengan air hujan akibat pembentukan limbah pabrik di muka Bumi, asam pabrik serta efek rumah kaca dan berbagai polusi udara lainnya.

Itulah beberapa hal yang wajib sahabat Astalog.com ketahui terutama bagi kalian siswa SMA kelas 10-12.

 

 

Loading...