Ayo Intip Macam-macam Lapisan Bumi

Loading...

ASTALOG.COM – Bumi merupakan salah satu planet yang masuk dalam 9 planet besar di angkasa, namun 1 planet terjauh yaitu Pluto sudah menghilang dari jagad raya dalam teori astronomi saat ini dan tersisa 8 planet yang besar di jagat raya. Bumi sendiri merupakan satu-satunya planet dalam jagat raya yang memiliki penduduk dan kehidupan mahluk hidup dengan adanya air dan berbagai tanaman lainnya yang menciptakan kehidupan.

Untuk itu ulasan mengenai lapisan Bumi sebenarnya seperti apa ya sahabat Astalog.com tentunya simak seterusnya website ini. Bumi dengan berbagai keindahannya ternyata memiliki berbagai lapisan yang terdalam pada pusat bumi atau sering disebut dengan inti Bumi. Di mana inti Bumi sendiri memiliki gelombang api terbesar dan terpanas layaknya matahari.

Troposfer sendiri merupakan kata dari Yunani Tropos yang artinya adalah  berbalik atau campuran, dimana troposfer sendiri merupakan lapisan Bumi yang dalam dimana mengatur uap air dan suhu Bumi sehingga banyak manusia yang dapat bernafas denga bebas dibantu oleh adanya lapisan troposfer sendiri.

Stratosfer merupakan lapisan kedua dari atmosfir yang mana lapisan ini diletakan diantara troposfer dan stratosfer dengan jarak 10-6 mil, lapisan stratosfer ini dibatasi oleh jalur tengah yang diberi nama tropopause.

Mesos sendiri bahasa Yunani yang artinya tengah, dan sepaihre yang artinya bola di mana bentuknya sendiri menyerupai Bola dan berada di tengah. Suhu ini menurun sesuai dengan kenaikan tinggi yang mana batas dari mesosfer adalah mesopause yang akan menjadi sangat dingin dengan alami yang terjadi di muka Bumi.

Thermo yang artinya adalah panas, di mana lapisan ini adalah lapisan terpanas dari lapisan Bumi dan gas sendiri di thermosfer sangat tipis. Suhu pada thermosfer mencapai 2500cc yang mana kita tidak dapat membayangkan bagaiman rasa suhu ini.

Eks atau luar yang mana lapisan ini adalah lapisan teratas pada Bumi yang mana pada lapisan ini molekul akan lebih banyak dan sudah tidak terjadi lagi gravitasi maupun kenaikan Suhu juga lebih tinggi.

Itulah beberapa hal yang wajib sahabat Astalog.com ketahui mengenai lapisan Bumi yang biasanya dipelajari pada SMA dengan mata pelajaran Geografi.

 

Loading...