Lihat Perbedaan Importir Dan Eksportir

Loading...

ASTALOG.COM – kata Import dan Eksport merupakan salah satu kata yang tidak dapat jauh dari industri perdagangan. Hal ini jelas bahwa import dan ekspor merupakan istilah yang dipakai dalam berbagai hal khususnya perdagangan suatu Negara yang memasukan dan mengeluarkan barang ke dalam Negeri dan ke Luar Negeri. Hal ini diatur oleh perundang-undangan dan tentunya kata ini sudah banyak digunakan dalam berbagai hal.

Menurut berbagai ahli Import berasal dari bahasa inggris, sama halnya dengan eksport. Import adalah pembelian atau kegiatan pembelian atau industrial yang diproduksi di Luar Negeri dan di Kirim ke dalam Negeri untuk kebutuhan pasar domestik. Hal ini dilakukan karena memang import sangat dibutuhkan bagi masyarakat apabila produk lokal tidak memenuhi kapasitasnya. Seperti makanan pokok atau beberapa sayuran dan berbagai bibit tanaman.

Eksport sendiri adalah penjualan atau pengiriman barang ke luar Negeri untuk dijual karena pasokan luar Negeri tidak sebanyak di lokal seperti contoh kopi dan sawit yang sudah banyak di ekspor ke luar Negeri. Selain itu rotan juga menjadi produk yang banyak di eksport ke luar Negeri karena Indonesia melimpah.

Itulah sedikit mengenai perbedaan import dan eksport, tetapi untuk importir dan eksportir sendiri adalah Negara maupun si pelaku yang melakukan pengiriman dan menerima barang tersebut.

 

 

Loading...