Apa Ya Konsep Aglomerasi Itu?

Loading...

ASTALOG.COM – kata aglomerasi sepertinya tidak begitu di dengar di telinga awam, hal ini dikarena kata ini lebih banyak dipakai dalam istilah geografi dan bagi teman-teman Astalog.com jurusan IPS sudah pernah mendengar kata aglomerasi ini. nah Aglomerasi merupakan istilah yang dipakai untuk sebuah pengelompokan dalam masyarakat atau aktivitas yang dikelompokan dalam suatu tempat dan biasanya berhubungan dengan industri.

Sistem atau konsep aglomerasi sendiri dipakai dalam pengelompokan beberapa industri seperti seperti industri garmen, konveksi dan kerajinan. Hal ini dibangun ada yang dekat dengan pemukiman penduduk dan ada pula yang terlokalisasi di beberapa wilayah yang jauh dari tempat lainnya.

Berikut faktor penyebab dari aglomerasi yang tentunya teman-teman Astalog.com harus mengetahuinya untuk mempelajari lebih jauh ilmu geografi.

  • Terkonsentrasi pada beberapa faktor industri yang dibutuhkan pada suatu wilayah.
  • Kesamaan lokasi usaha yang disamakan akibat dari tempat atau faktor usaha tertentu.
  • Adanya wilayah pusat pertumbuhan industri yang disesuaikan dengan wilayah tertentu atau tata pusat ruang kota dan peraturan pemerintah daerah.
  • Adanya kerjasama yang saling membutuhkan untuk menghasilkan suatu produk.

Sedangkan tujuan dari konsep aglomerasi sendiri cukup banyak dan berkembang di berbagai sektor insutri yang pasti membantu pemerintahan lebih berkembang dan maju.

  • Untuk mempercepat pertumbuhan industri: yang mana hal ini cukup bagus untuk industri karena apabila di wilayahkan pada tempat tertentu akan lebih mudah mengembangkan usaha karena tanpa adanya intervensi warga.
  • Memberikan kemudahan bagi kegiatan industri: tentunya yang baik bagi industri akan bagus karena kegiatan apapun yang dilakukan lebih dimudahkan dan terlokalisasi.
  • Menyediakan fasilitas industri yang berwawasan lingkungan: hal ini sangat bagus karena lingkungan akan membantu berkembangannya industri.

Itulah beberapa hal mengenai konsep aglomerasi yang teman-teman wajib tahu, semoga dapat membantu ya.

 

Loading...