Ketahuilah Nilai Anti Korupsi

Loading...

ASTALOG.COM – Korupsi sudah menjadi lagu lawas keterpurukan di Indonesia, korupsi menurut berbagai pakar dan ahli diartikan sebagai buruk, busuk atau tindakan di luar martabat yang dilakukan oleh pejabat pemerintah maupun non pemerintah yang mana mengambil sesuatu hak yang bukan miliknya. Korupsi juga termasuk tindakan mencuri secara besar maupun kecil dengan kuasanya yang ada pada waktu itu. korupsi di Indonesia semakin tahun mengalami peningkatan, namun kasus yang terbongkar juga semakin banyak dan biasanya juga bersangkutan antara satu orang dengan orang lainnya.

Koruspi sendiri saat ini sudah ada gerakan kontra atau melawan dengan ungkapan gerakan anti korupsi. Saat ini setiap sekolah baik dari tingkat anak-anak sampai perguruan tinggi berbasis pendidikan anti korupsi. Akankah hal tersebut sudah dipatuhi dan para siswa sudah mengetahui 9 nilai anti korupsi sendiri.

Berikut 9 nilai anti korupsi yang wajib teman-teman Astalog.com ketahui serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini PPKN sudah diselipkan pendidikan anti korupsi ini pada setiap tingkatannya.

  1. Kejujuran: nilai ini cukup penting bagi setiap individu, jujur adalah perilaku berisiko tetapi terpuji dan menjadi contoh terbaik kemajuan karakter Bangsa.
  2. Kepedulian: peduli adalah salah satu tindakan bukan acuh tak acuh kepada kawan, tetapi saling perduli antar sesama dan sifat kepo sendiri bukan suatu yang salah asal dalam kaidah yang benar.
  3. Kemandirian: ini sangat penting bagi mereka yang ingin maju sangat membutuhkan kemandirian, dan hal ini sangat dituntut bagi mereka yang ingin meraih kesuksesan. Kemandirian akan membawa dalam hidup yang jauh dari keputusasaan karena hal tersebut membuat orang sukses dari mandiri.
  4. Kedisiplinan: hal ini sangat menguntungkan apabila generasi millenials punya jiwa disiplin mulai dari menepati janji, datang disiplin, mengerjakan PR sesuatu rules dan masih banyak lagi.
  5. Tanggung jawab: hal ini adalah contoh kedewasaan setiap individu dilihat dari tanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi konsekuensinya. Entah apapun alasannya ini perlu diterapkan. Termasuk tanggung jawab menjadi seorang anak juga sangat perlu diterapkan.
  6. Kerja keras: kerja keras merupakan salah satu hal yang cukup berkesan untuk anda, karena dengan kerja keras tentunya kehidupan jauh menjadi lebih baik dan perkembangan suatu usaha akan meningkat.
  7. Kesedehanaan: hidup yang hedonis hanya akan membawa pada ingin serakah dan mengambil yang bukan haknya, untuk itu kesederhanaan sangat diperlukan.
  8. Keberanian: hal ini sangat cocok bagi mereka yang sudah di perguruan tinggi, berani mengambil risiko dan mengusulkan pendapat adalah hal yang baik.
  9. Keadilan: ini perlu diterapkan ketika kamu menjadi pemimpin supaya suati masalah dapat diselesaikan dengan baik.

Itulah beberapa hal mengenai prinsip atau nilai anti korupsi bagi kalian sebagai generasi penerus Bangsa.

Loading...