Tau Ngak Sih Hutan Hujan Tropis?

Loading...

ASTALOG.COM – Hujan hutan tropis, pastinya nama ini tidak asing dong di telinga anak-anak muda zaman sekarang?, khususnya bagi sahabat Astalog.com, tentunya perlu tahu banget mengenai hutan hujan tropis. Hal ini juga sering dibahas di mata pelajaran Biologi SMP dan SMA. Hutan hujan tropis adalah hutan hujan yang ditumbuhi berbagai jenis flora dan fauna yang mana tanaman tersebut sudah tumbuh tinggi, lebat dan besar serta kebanyakan berumur ratusan tahun. Selain itu suhu di daerah hutan hujan tropis adalah hangat dengan curah hujan yang tinggi.

Hujan hutan tropis sendiri sudah ditemukan di berbagai wilayah di Dunia seperti Australia, Afrika, Amerika khususnya Amerika selatan dan Tengah. Hutan hujan tropis sangat banyak ditemui di daerah capicorn tropis dan cancer tropis, hal ini dilihat dari gugus bintang tempat tersebut. karena biasanya matahari yang bersinar sangat kuat dan kualitas waktu yang sama pada setiap tahunnya membuat daerah tersebut subur serta memiliki flora dan fauna yang melimpah.

Berikut beberapa ciri-ciri hutan hujan tropis yang tentunya memberikan banyak sekali ilmu pengetahuan bagi sahabat Astalog.com semua.

  • Lokasi : dari segi lokasi hutan hujan tropis selalu terletak di daerah tropis dengan suhu dan kelembaban yang pas.
  • Curah hujan : curah hujan pada hutan hujan tropis 80 inci lebih besar ketimbang di daerah biasanya, karena memang daerahnya yang lembab dan stabil.
  • Kanopi : pastinya hutan hujan tropis memiliki kanopi di mana suatu pohon berbentuk daun dengan cabang yang besar yang akan menutupi pohon yang lainnya jadi akan terlihat gelap dan lebat.
  • Keanekaragaman biota : perlu diakui bahwa biota yang berada di daerah hutan hujan tropis sangat banyak dan cukup beragam, hal ini sangat baik untuk perkembangan satwa.
  • Hubungan simbiosis antar spesies : akan sangat terjaga hubungan simbiosis antar spesies karena tempatnya yang beragam dan lengkap dengan tumbuhan yang unik.

Itulah beberapa hal mengenai hutan hujan tropis yang perlu teman-teman simak ya, semoga bermanfaat.

Loading...