Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Loading...

ASTALOG.COM – Indonesia merupakan salah satu wilayah agraris yang terletak di garis katulistiwa di mana cuaca di Indonesia cukup panas dan tentunya Indonesia merupakan Negara tropis yang mempunyai 2 jenis musim saja, yaitu musim panas dan musim hujan.

Tentunya letak Indonesia dipengaruhi oleh berbagai Hal yang nantinya akan saya sebutkan untuk sahabat astalog.com yang mana biasanya keluar dalam mata pelajaran geografis kelas 10. Berikut beberapa pengaruh letak geografis di Indonesia.

  • Terdapat dua musim.

Yang sudah saya sebutkan tadi bahwa di Indonesia memiliki dua musim yaitu panas dan hujan yang mana setiap musim memiliki 5-6 bulan waktu lamanya menuju pergantian musim berikutnya. Hal ini akan dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur yang sudah saya jelaskan kemarin.

  • Keadaan alam di Indonesia.

Hal ini juga dipengaruhi oleh alam di Indonesia, di mana Indonesia terletak diapit oleh dua benua besar yaitu Asia dan Australia sehingga keadaan alam lebih ke laut karena Indonesia adalah Negara Kepulauan.

  • Keadaan penduduk.

Indonesia dikatakan rumpun dari melayu yang mana denga bahasa yang mendayu dengan berbagai adat istiada yang sangat beragam bahkan tidak dapat disebutkan satu persatu. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu Negara toleran yang terkenal di Dunia karena keberagamannya.

Itulah beberapa hal yang wajib teman Astalog.com ketahui apa yang mempengaruhi letak geografis Indonesia, yang mana memang di dasarkan pada beberapa gagasan tersebut. hal itu tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa Indonesia sangat beragam dan terkenal.

Loading...