Bahasa Indonesia Punya Peranan Untuk Kesatuan

Loading...

ASTALOG.COM – Indonesia merupakan salah satu Negara dengan berbagai kultur dan Budaya sehingga membuat Bangsa ini terlihat kaya serta letak sosial dalam berbagai hal sangat tinggi. Untuk itu tentunya bagi sahabat astalog.com perlu mengetahui mengenai peranan Bahasa Indonesia bagi persatuan dan kebhinekaan Bangsa Indonesia.

Berikut Profesor Asta akan menjelaskan peranan Bahasa bagi Bangsa, untuk itu tetap simak ya, karena pastinya sangat bermanfaat bagi semua sahabat Astalog.com.

  1. Bahasa Indonesia sebagai pemersatu.

Tentunya dengan adanya Bahasa Indonesia, maka rakyat akan dapat bersatu dengan berbagai suara yang bebeda. Indonesia yang terdiri dari ribuan suku dan pulau ini tentunya memiliki ratusan bahasa daerah yang tidak dimengerti bagi warga suku lain, untuk itu bahasa Indonesia sangat dibutuhkan sebagai pemersatu pendapat Bangsa serta sebagai bahasa Nasional kita.

  1. Bahasa Indonesia sebagai wujud Kebhinekaan.

Hal ini jelas dalam pancasila, bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan dalam setiap penggalan pancasila dan UUD 1945, tentunya ini sudah mewujudkan bahwa Indonesia menggunakan bahasa Ibu atau bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dan wajib dipelajari bagi seluruh rakyatnya.

  1. Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang Istimewa.

Tentunya hal ini terjadi karena Bahasa Indonesia tidak diturunkan dari bahasa lainnya, memang hampir sama dengan Bahasa Melayu, namun bahasa Indonesia hanya di pakai di Indonesia dan tidak dipakai di Negara lain. Berbeda dengan bahasa Internasional yang dipakai diberbagai Negara.

Itulah beberapa hal mengenai peranan penting Bahasa Indonesia sebagai Bahasa pemersatu dan menjadikan kita semakin bisa dalam beropini dan menyampaikan semua hal.

Loading...