Kekayaan Alam Padang Rumput di Indonesia

Loading...

ASTALOG.COM – Indonesia merupakan negara yang dikenal sebagai negara kepulauan terbesar didunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Indonesia terkenal dengan berbagai pulaunya yang indah, adat istiadatnya, karya seninya, tari-tariannya, serta makanan khasnya. Dari Sabang samapi Merauke, Indonesia terdiri dari beberapa suku bangsa, bahasa, dan agama. Sumber daya alam di Indonesia berupa minyak bumi, timah, gas alam, nikel, kayu, bauksit, tanah subur, batu bara, emas, dan perak.Kekayaan yang terdapat di Indonesia merupakan anugrah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua, rakyat indonesia.

Kekayaan Alam di Indonesia

1. Kekayaan di Hutan
Hutan adalah bentuk kehidupan yang terbesar di seluruh dunia. Hutan merupakan ekosistem alam terbesar di darat. Anggota ekosistem hutan sangat beraneka ragam dan banyak sekali. Sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan beberapa tanaman dan tumbuhan, serta dihuni oleh beberapa jenis binatang. Di hutan ada pula rumput, rotan, dan pohon buah-buahan. Jenis binatang yang hidup di hutan antara lain ular, monyet, orang utan, macan, tikus, harimau, burung, semut, jangkrik, dan lain sebagainya. Di Indonesia terdapat beberapa hutan, antara lain yaitu hutan hujan tropika, hutan monsun, hutan alam, hutan buatan, hutan lindung, hutan konservasi, dan hutan produksi. Kekayaan yang terdapat pada hutan adalah kayu jati, beberapa tumbuhan, beberapa hewan yang hidup di hutan. Salah satu cara pencegahan agar hutan tidak rusak atau punah adalah dengan cara reiborsasi dan penghijauan. Reiborsasi adalah penanaman tumbuhan yang sama pada hutan gundul. Sedangkan penghijauan adalah menanam kembali beberapa tanaman atau tumbuhan. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya longsor, dan banjir. Bagi manusia sendiri pun hutan mempunyai peran sangat penting. Hutan juga menyimpan persediaan air tanah yang amat besar.Pepohonan dihutan melindungi permukaan bumi dari banjir dan tanah longsor, karena akar-akar pepohonan dapat menahan air di dalam tanah.

2. Kekayaan di Pantai
Pantai di Indonesia terkenal akan kekayaan bawah air yang dimilikinya. Salah satu kekayaan yang dimiliki pantai adalah ikan, kerang, kepiting, cangkang. Di pantai juga terdapat pasir putih yang luas membentang.

3. Kekayaan di Laut
Indonesia memiliki beberapa laut yang memiliki kekayaan alam. Beberapa jenis ikan yang hidup di laut, cumi-cumi, kepiting, yerumbu karang dan lain sebagainya. Terumbu karang merupakan pusat keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia yang memiliki struktur alami serta mempunyai nilai estetika yang tiada taranya. Kekayaan laut di Indonesia memiliki potensi yang tinggi. Baik dari segi perdagangan hasil laut, maupun dari segi pariwisata. Dengan keanekaragaman dan berlimpahnya kekayaan laut di Indonesia. Dimana Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan, udang, dan berbagai jenis hewan laut lainnya. Untuk dikirim keluar negeri dan dijadikan sebagai bahan makanan.

4. Kekayaan di Sungai
Salah satu kekayaan alam di Indonesia adalah sungai. Dalam sungai terdapat pula beberapa kekayaan. diantaranya yaitu, ikan, air untuk keperluan manusia. nNamun, pencemaran dan populasi dapat merusak tanah, air, dan udara. Pencemaran sungai dapat menyebabkan pemandangan yang buruk, juga mengakibatkan rusaknya kehidupan di dalamnya. Air sungai yang keruh bahkan pekat tidak memungkinkan tumbuhan dan ikan untuk hidup. Air yang keruh tidak dapat ditembus cahaya matahari. Padahal cahaya matahari sangat diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Jika tidak ada tumbuhan, ikan pun tidak dapat hidup. jika tidak ada tumbuhan dan ikan, kebutuhan manusia pada sumber makanan dari ikan air tawar pun menjadi tidak tercukupi.

Kekayaan Alam Padang Rumput

Kekayaan alam pada padang rumput meliputi rerumputan yang dapat dimanfaatkan beberapa hewan herbivora sebagai makanan. Salah satu contohnya adalah Kerbau. Kerbau ini merupakan hewan herbovira. Makanan kerbau adalah rumput. Selain kerbau terdapat pula kambing. Sama halnya dengan kerbau, makanan kambing juga adalah rumput. Seperti halnya dengan kerbau dan kambing, salah satu hewan yang termasuk jenis herbivora adalah sapi. Sapai terkenal dengan susu yang dihasilkannya. Makanan sapi ini adalah rumput-rumputan. Sapi juga termasuk hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Selain itu masih banyak lagi hewan yang termasuk jenis herbivora, yaitu kelinci, ayam, kuda, dan lain sebagainya.

Loading...